Jumat 13 November 2020, 10:24 WIB

Menaker: Subsidi Upah Untuk 2,7 Juta Pekerja Cair Hari Ini

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Menaker: Subsidi Upah Untuk 2,7 Juta Pekerja Cair Hari Ini

ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Ilustrasi: Pekerja menyelesaikan pembuatan bakso ikan tuna di Desa Kutawaluya, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat,

 

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali menyalurkan bantuan pemerintah berupa subsidi upah termin kedua. Kali ini, giliran tahap (batch) II yang kembali diproses pencairan termin kedua sebanyak 2.713.434 orang. Sebelumnya, pada Senin (9/11), tahap (batch) 1 juga sudah dicairkan kepada para penerima BSU termin pertama.

Dengan disalurkannya tahap II, Kemenaker telah menyalurkan subsidi upah kepada 4.893.816 pekerja. Adapun total anggaran yang telah dikeluarkan untuk tahap I dan II ini sebanyak Rp5,8 triliun.

"Alhamdulillah, hari ini kami kembali menyalurkan termin kedua subsidi gaji/upah bagi para pekerja yang masuk dalam tahap 2 pada termin I lalu," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melalui siaran pers yang diterima, Jumat (13/11).

Ida menjelaskan pihaknya mengupayakan mempercepat penyaluran subsidi gaji/upah termin kedua. Ia juga memastikan tidak ada penundaan penyaluran termin kedua.

"Sebelumnya kami mendapat informasi bahwa penyaluran termin kedua ditunda. Hal itu tidak benar. Buktinya, termin kedua tahap I sudah disalurkan sejak Senin (9/11), dan hari ini dilanjutkan untuk tahap II," ujarnya.

Baca juga:  Subsidi Upah Termin II Cair Lagi Awal November

Ida juga menuturkan, setelah subsidi upah termin pertama selesai disalurkan, Kemenaker melakukan evaluasi bersama BPJS Ketenagakerjaan, Bank Himbara, Ditjen Pajak (DJP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pihaknya pun telah selesai melakukan pemadanan data dengan Direktorat Jenderal Pajak sehingga subsidi gaji/upah bisa langsung dicairkan.

Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah adalah salah satu program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Subsidi ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi syarat yaitu WNI, pekerja penerima upah tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020, upah di bawah Rp5 juta dan memiliki rekening aktif.(OL-5)

Baca Juga

MI/Pius Airlangga

BI Sebut 4 Hal Ini bisa Dorong Akselerasi Pertumbuhan Kredit Perbankan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 09:00 WIB
Indonesia sebagai negara berbasis komoditas akan bisa menikmati dampak dari naiknya harga komoditas sehingga  mampu mendorong...
Dok.Ist

Pemerintah Terus Kembangkan Penggunaan Energi Panas Bumi

👤Raja Suhud 🕔Jumat 30 Juli 2021, 08:30 WIB
Kondisi Indonesia mirip dengan Jepang, memiliki potensi energi panas bumi yang cukup besar namun masih rendah...
Antara

Harga Emas Naik 31,2 Dolar Dipicu Info Tak Ada Kenaikkan Suku Bunga

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 07:55 WIB
HARGA emas melambung pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB (30/7), karena investor menyambut komentar Ketua Federal Reserve AS...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya