Rabu 11 November 2020, 17:50 WIB

Ini Cara Industri Kreatif Bertahan di Tengah Pandemi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Ini Cara Industri Kreatif Bertahan di Tengah Pandemi

Antara/Maulana Surya
Perajin memperlihatkan cara membuat wayang kulit di Solo Art Market

 

WAKIL Menteri Luar Negeri Indonesia Mahendra Siregar mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi, setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan oleh para pelaku industri kreatif.

Pertama, mengubah tantangan menjadi peluang. Dalam hal ini, perlunya para pelaku industri kreatif memanfaatkan digitalisasi menjadi kunci agar dalam kondisi pandemi, masih dapat bertahan.

"Memastikan akses dan kapasitas dalam ekonomi digital adalah kuncinya. Selain itu, perlu juga menghubungkan sektor kreatif dengan resolusi industri 4.0," ungkapnya dalam acara The Friends of Creative Economy Meeting secara virtual, Rabu (11/11).

Kedua, ialah pelaku industri kreatif harus memastikan ketahanan bisnis dan produk. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan akses industri kreatif kepada inklusi keuangan, kapasitas produk untuk lebih adaptif dan melakukan transformasi bisnis yang sesuai dengan era kenormalan baru.

Baca juga : Potensi Ekonomi Digital RI Besar, Menkeu: Harus Dimanfaatkan

"Pertemuan ini harus bisa mengintervensi kebijakan seperti apa yang diperlukan, dan bagaimana membuatnya kebijakan itu dapat diaplikasikan," kata Mahendra.

Ketiga, ialah memperkuat kolaborasi dengan negara lain maupun lembaga internasional. Indonesia dikatakan sudah memiliki Global Center of Excellence for International Cooperation and Creative Economy (G-CINC) sebagai platform untuk m3realisasikan kolaborasi ini.

"Pertemuan ini tentu harus menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan dan membawa manfaat nyata bagi semua pemangku kepentingan ekonomi kreatif atau yang biasa disebut pentahelix. Sesuai dengan namanya, ia juga harus berkontribusi pada pencapaian pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

"Oleh karena itu, marilah kita gunakan pertemuan kita hari ini, untuk secara kreatif mengeksplorasi cara dan sarana meningkatkan kemitraan global di bidang ekonomi kreatif ke level selanjutnya," pungkas Mahendra. (OL-7)

Baca Juga

Dok. kemendag

Tiga UKM Binaan ECP Kemendag Kembali Tembus Pasar Ekspor 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 00:08 WIB
PT Agro Global Sentosa dari Makassar melakukan ekspor cengkeh lalpari ke pasar Singapura dengan nilai transaksi USD 90...
Antara/Fauzan

Dorong Perlindungan Bagi Pekerja Perempuan, Kemenaker : Perlu Dialog Intensif Pekerja dan Perusahaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 23:59 WIB
"Dialog sosial akan sangat berpengaruh dan memberikan manfaat bagi inklusivitas pekerja perempuan di dunia kerja,"...
Antara

KKP Targetkan Ekspor Udang Sambas Hasilkan Rp720 M/Tahun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 22:12 WIB
KKP menargetkan ekspor udang dari Sambas mencapai 9.000 ton per tahun pada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya