Senin 09 November 2020, 19:35 WIB

Kemenhub Hadirkan Kapal Kontainer ke Pelabuhan Waren di Papua

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kemenhub Hadirkan Kapal Kontainer ke Pelabuhan Waren di  Papua

MI/Lina Herlina
Ilustrasi kapal kontainer sandar di pelabuhan

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Waren mendatangkan kapal kontainer dengan bobot 5.000 gross tonnage (GT) di Pelabuhan Waren, Papua hari ini (9/11).

Kapal bernama KM. Kisik Mas itu berhasil sandar di Pelabuhan Waren Papua dan menjadi kapal besar perdana yang melakukan bongkar muatan dengan menurunkan sebanyak 16 unit petikemas Tol Laut.

"Kedatangan KM. Kisik Mas ini merupakan bentuk kerjasama antara PT Luas Line selaku operator Tol Laut Voyage 9 dengan PT Temas Line serta dukungan dari Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," ujar Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Waren Nurdin Marpaung dalam keterangan resminya, Senin (9/11).

Menurut Nurdin, selama ini kapal-kapal besar seperti KM. Kisik Mas yang berukuran panjang sekitar 109 meter dan bobot sebesar 5000 GT, dalam menurunkan barang di wilayah Waropen, hanya melalui Pelabuhan Serui atau Pelabuhan Biak. Lalu, diseberangkan ke Kabupaten Waropen dengan menggunakan kapal kayu atau kapal tradisional yang mengakibatkan harga barang menjadi mahal.

“Keberhasilan ini tentunya berkat kerjasama dan koordinasi yang sangat baik antara Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Waren dengan Pemerintah Kabupaten Waropen sehingga uji coba sandar kapal pengangkut peti kemas ini bisa berjalan dengan baik di pelabuhan Waren,” kata Nurdin.

Nurdin juga berharap kehadiran kapal dengan ukuran besar yang mengangkut barang maupun penumpang melalui Pelabuhan Waren, akan mendukung perkembangan ekonomi di wilayah Kabupaten Waropen Papua.

“Kapal berukuran besar ini diharapkan akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat terutama dalam mengurangi disparitas harga atau tingkat kesenjangan kemahalan di Kabupaten Waropen serta mampu memberi peluang besar bagi banyak pihak termasuk penyerapan tenaga kerja,” jelas Nurdin.

Nurdin juga mengatakan guna melakukan kesiapan uji kapal penyandaran kapal berukuran besar di Pelabuhan Waren, pihaknya telah melakukan koordinasi selama 10 hari dengan semua pihak terkait termasuk Pemerintah Kabupaten Waren guna memastikan kesiapan pelabuhan agar dapat menyandarkan kapal besar dengan baik.

“Keberhasilan Pelabuhan Waren bisa menghadirkan kapal berukuran besar seperti KM Kisik Mas ini menunjukkan bahwa Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sangat peduli atas kelancaran transportasi ke Kabupaten Waropen,” kata Nurdin. (E-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Konsep Buy Now, Play Later Bakal jadi Primadona di 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:55 WIB
Berdasarkan studi dari Coherent Market Insights, pasar Paylater global diperkirakan akan tumbuh dari US$5 juta pada 2019, menjadi US$...
Ist

Agar Tampilan Wajah Segar dan Bebas Kilap Minyak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:20 WIB
Bedak tabur adalah bagian dari kosmetik populer karena setiap wanita menginginkan kulit berseri tanpa kilau minyak dalam tampilan...
AFP/Johan Ordonez

Pemilik British Airways Beli Air Europa dengan Setengah Harga

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:51 WIB
Pemerintah Spanyol telah memberikan Air Europa pinjaman sebesar 475 juta euro untuk membantu maskapai tersebut melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya