Selasa 14 Juli 2020, 14:19 WIB

Pandemi Covid-19 Timbulkan Tantangan Baru Ketenagakerjaan

Hilda Julaika | Ekonomi
Pandemi Covid-19 Timbulkan Tantangan Baru Ketenagakerjaan

Antara/Adeng Bustomi
Sejumlah pekerja memasang bantalan rel baru di jalur lintasan kereta api.

 

PANDEMI covid-19 mengubah pembangunan ketenagakerjaan nasional menjadi lebih kompleks. Sebab, muncul sejumlah tantangan baru.

Hal itu diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fuaziyah. Data Kementerian Ketenagakerjaan per 27 Mei menunjukkan 3 juta tenaga kerja terdampak pandemi. Pekerja formal maupun informal terpaksa harus menjadi pengangguran.

"Adanya wabah covid-19 ini menjadikan tantangan pembangunan ketenagakerjaan lebih kompleks. Kita semua berharap dan bekerja keras, agar angka pengangguran ini tidak naik," ujar Ida dalam diskusi virtual, Selasa (14/7).

Baca juga: Kemnaker: 1,7 Juta Orang Alami PHK dan Dirumahkan Akibat Pandemi

Tantangan selanjutnya ialah revolusi teknologi. Menurutnya, dunia dipaksa untuk menerapkan teknologi berbasis automasi dan pertukaran data yang cepat. Penggunaan teknologi erat kaitannya dengan dampak pandemi. Hampir segala aspek kehidupan, termasuk kegiatan ekonomi, sudah beralih mengandalkan teknologi.

"Revolusi teknologi ditandai dengan penggunaan automasi dan teknologi pertukaran data yang cepat dalam segala aspek. Dampak dari pandemi juga perlu memanfaatkan teknologi," imbuh Ida.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, lanjut dia, dibutuhkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Namun, angkatan tenaga kerja Indonesia masih memiliki tingkat pendidikan yang relatif rendah.

Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah pusat dan daerah. Keduanya harus bersinergi untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan di Tanah Air.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/Susanto

Ekonom: Jabatan Pimpinan BI tidak Boleh Diisi Politisi, Risikonya Besar

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 30 September 2022, 23:26 WIB
Pasalnya, Bank Indonesia memiliki peran yang amat strategis bagi perekonomian nasional. Kesalahan dalam pengelolaan Bank Sentral akan...
Antara

Pemerintah Kembali Cairkan BSU BBM pada Pekan Depan

👤Ficky Ramadhan 🕔Jumat 30 September 2022, 22:19 WIB
Sejauh ini, BSU BBM sudah disalurkan kepada 7 juta pekerja. Pemerintah memperkirakan total jumlah penerima BSU BBM sekitar 14,6 juta...
MI/BAYU ANGGORO

Importir Kedelai Amerika akan Disertifikasi

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 22:05 WIB
Kebijakan ini menjadi penting bagi para konsumen kedelai Amerika Serikat di seluruh dunia termasuk di Indonesia  yang telah lama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya