Senin 06 Juli 2020, 22:40 WIB

Burden Sharing Dinilai akan Kurangi Beban Utang Pemerintah

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Burden Sharing Dinilai akan Kurangi Beban Utang Pemerintah

Antara/Sukma
Kepala Ekonom Permatabank Josua Pardede

 

SKEMA pembagian beban atau burden sharing yang dilakukan Bank Indonesia dan pemerintah dinilai bisa mengurangi beban bunga utang pemerintah.

Kepala Ekonom Permatabank Josua Pardede mensinyalir langkah itu dilakukan dengan mempertimbangkan peningkatan utang yang cukup signifikan pada tahun ini.

"Dengan mengurangi beban bunga utang pemerintah relatif terhadap penerimaan pajak, maka akan berpengaruh pada debt sustainability dan fiscal space pemerintah sedemikian sehingga dapat mendukung rating surat utang pemerintah yang tetap layak investasi dan tetap dapat menutupi defisit anggaran dalam jangka pendek ini," katanya kepada Media Indonesia, Senin (6/7).

Selain itu, Josua mengatakan agak berlebihan perspektif investor asing terkait BI yang terlampau jauh dalam pembiayaan APBN. Karena menurutnya sebagian besar bank sentral di berbagai negara juga turut berkontribusi dalam pembiayaan defisit fiskal seluruh negara di dunia yang cenderung meningkat tajam karena covud-19.

Baca juga : BI Pastikan Burden Sharing Tak Akan Pengaruhi Neraca Keuangan

"Bahkan, sebagian besar bank sentral di negara maju dan berkembang juga ikut menanggung beban untuk membiayai defisit fiskal," sambung Josua.

Dalam skema burden sharing ini, Josua menerangkan bahwa BI akan mengoptimalkan likuiditas dalam neraca keuangan saat ini dan tentunya disesuaikan dengan kemampuan neraca BI.

Selain itu, bank sentral dan pemerintah menunjukkan bahwa kedua otoritas tersebut melakukan koordinasi yang kuat dalam rangka memberikan stimulus bagi perekonomian sehingga dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan koordinasi yang sangat baik tersebut semestinya memberikan sentimen positif karena kalau pemulihan ekonomi dapat terwujud tentu stabilitas di pasar keuangan pun akan tetap terjaga," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Hafidz Mubarak A

Erick Diharapkan Bawa Ekonomi Syariah Hingga Skala UMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:44 WIB
Masyarakat umum akhirnya bisa melihat dan merasakan manfaat pembiayaan dari perekonomian syariah...
Dok.. Pribadi

Lebak Bulus Masih Jadi Magnet Kembangkan Hunian Sehat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:41 WIB
"Kualitas udara di Lebak Bulus bahkan cenderung seperti di Bogor, karena masih banyaknya pepohonan yang sangat membantu menurunkan...
Ist

Musim Hujan, Ini Cara Atasi Dinding Rembes

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:25 WIB
Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya, mengecek kembali bagian-bagian rumah dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya