Kamis 05 September 2019, 11:55 WIB

BPJS-TK Siapkan Pelatihan bagi Pekerja yang Kena PHK

Rif/E-2 | Ekonomi
BPJS-TK Siapkan Pelatihan bagi Pekerja yang Kena PHK

ANTARA FOTO/Dewi Fajriani/Medcom.id
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

 

BADAN Penyelenggara Jamin-an Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) berencana meluncurkan program vokasi bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Sekarang kita terus meluncurkan program yang dapat meningkatkan skill tenaga kerja. Kita ada program vokasi. Jadi, kalau nanti ada yang bekerja di perusahaan kemudian mengalami PHK, itu bisa didaftar ke kita untuk mengikuti program pelatihan serta upskilling dan reskilling," kata Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E Ilyas Lubis di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan Barat, Pontianak, kemarin.

Lewat program itu, imbuhnya, nantinya para peserta akan mengikuti program pelatihan selama satu bulan untuk meningkatkan keterampilan.

"Program vokasi baru mau start di bulan September ini. Kita menargetkan 20 ribu pekerja yang mengalami PHK, termasuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih bekerja. Nanti peserta bisa mendaftarkan diri di program vokasi di tiap cabang di seluruh indonesia," jelasnya.

Dikatakannya, ada berbagai program pelatihan yang akan dihadirkan pihaknya. "Macam-macam pelatihan, pokoknya bagaimana mereka dilatih kembali untuk meningkatkan keterampilan," sebutnya.

Ia menyebutkan ada bebe-rapa persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta yang ingin ikut program tersebut.

"Kita utamakan bagi perusahaan yang tertib serta bagi pekerja yang mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan yang lebih lengkap. Kita kan ada empat program, jadi misalkan ada peserta yang ikut dua program lalu dibandingkan dengan yang ikut tiga program, kita akan utamakan peserta yang mengikuti tiga program," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Ilyas mengatakan pihaknya juga akan terus berupaya maksimal untuk meningkatkan pelayanan kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya lewat layanan tambahan pada dua program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu program Jaminan Kecelakaan kerja dan program Jaminan Kematian. (Rif/E-2)

Baca Juga

Dok Intiland

Kolaborasi Intiland-Mitbana Bangun TOD Terpadu Talaga Bestari

👤Gana Buana 🕔Senin 08 Agustus 2022, 18:05 WIB
Kemitraan Intiland dengan Mitbana ibarat menyinergikan kekuatan dan pengalaman kedua pihak untuk pengembangan properti di masa...
DOK Pribadi.

KPN kembali Bangun Perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:57 WIB
Pembangunan unit hunian direncanakan akan dimulai pada akhir Agustus dan serah terima kunci perdana ditargetkan di November...
MI/M Taufan SP Bustan

Cadangan Beras Nasional Telah Terdistribusi Hingga 9,71 Juta Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:24 WIB
BPS merilis hasil survei cadangan beras nasional (SCBN) 2022 yang menunjukkan data cadangan beras hingga Juni 2022 mencapai 9,71 juta ton...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya