Jumat 30 Agustus 2019, 16:09 WIB

Penolakan Suprajarto Cermin Buruknya Rekrutmen Direksi BUMN

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Penolakan Suprajarto Cermin Buruknya Rekrutmen Direksi BUMN

FOTO ANTARA/Paramayuda
Kantor Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

 

DIREKTUR Eksekutif Sinergi BUMN Institute Achmad Yunus menyatakan bahwa Penolakan Suprajarto yang ditunjuk sebagai Dirut BTN oleh Menteri BUMN karena tidak diajak bicara sebagai cerminan buruknya sistem rekrutmen direksi BUMN.

"Fakta yang diungkapkan Suprajarto bahwa dirinya tidak diajak bicara terkait penunjukannya sebagai Dirut BTN merupakan bukti bahwa terjadi ketidakprofesionalan dalam penunjukan Direksi BUMN," ujar Yunus melalui keterangan resminya, hari ini.

Bahkan, ia menduga semua Direksi BUMN yang ditunjuk tidak pernah diajak bicara seperti yang dialami Suprajarto. "Jika benar demikian maka Direksi BUMN tak ubahnya hanya merupakan barisan job seeker yang harus siap ditugaskan kemana saja tanpa mempertimbangkan faktor profesionalisme yang meliputi kompensasi, kompetensi dan corporate culture," tuturnya.

Yunus berpendapat sistem rekruitmen yang digembar-gemborkan oleh Kementerian BUMN melalui talent pool BUMN tidak jelas, karena semua dilakukan secara tertutup, publik tidak bisa mengakses proses penunjukan Direksi BUMN tersebut, termasuk karyawan di internal BUMN itu sendiri.

Baca juga: Suprajarto Tolak Pimpin BTN, Dirut BRI Otomatis Kosong

Menurutnya, penolakan Suprajarto yang ditunjuk sebagai Dirut BTN oleh Menteri BUMN, dimana sebelumnya merupakan Dirut BRI adalah tindakan profesional yang perlu di apresiasi.

"Selama ini perpindahan Direksi satu BUMN ke BUMN yang lain dilakukan dengan tidak memperhatikan aspek-aspek profesionalisme personal Direksi, menghilangkan persyaratan hard dan soft kompetensi, mengabaikan corporate culture dan semua dilakukan oleh Menteri BUMN atas nama pemegang saham," tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

AFP

Wall Street Melemah Setelah Bergerak Liar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 07:50 WIB
BURSA Amerika Serikat, Wall Street bergerak liar dan melemah pada penutupan Kamis atau Jumat pagi WIB (27/1), dengan Indeks S&P 500...
dok.Ant

Harga Minyak Turun Dipicu Ketegangan Rusia dan Pengetatan Fed

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 06:10 WIB
HARGA minyak jatuh pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB (28/1), setelah minyak mentah Brent mencapai level tertinggi tujuh...
MI/Rommy

Dolar Melesat, Bank Sentral AS Siap Naikkan Suku Bunga Lebih Cepat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 05:55 WIB
DOLAR AS melonjak ke level tertinggi yang terakhir terlihat pada Juli 2020 terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya