Selasa 30 Juli 2019, 16:20 WIB

Gojek dan Perusahaan Unicorn-Decacorn RI Diklaim Singapura

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Gojek dan Perusahaan Unicorn-Decacorn RI Diklaim Singapura

ANTARA
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong

 

KEPALA Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan empat perusahaan rintis (startup) Tanah Air yang telah menyandang status unicorn dan decacorn, salah satunya Gojek, diklaim sebagai milik Singapura.

Klaim tersebut dimuat dalam sebuah riset yang dilakukan Google-Temasek.

"Jadi ada tabel tentang Unicorn ASEAN. Di situ disebut Indonesia punya nol, Singapura punya empat. Padahal, faktanya, empat itu punya kita," ujar Lembong di kantornya, Jakarta, Selasa (30/7).

Setelah ditelisik, lanjutnya, klaim tersebut didasarkan pada lokasi perusahaan induk keempat startup tersebut yang dibangun di Negeri Singa.

Hal tersebut jelas merupakan sebuah kerugian. Pasalnya, setiap kali ada suntikan investasi ke perusahaan-perusahaan digital itu, Indonesia tidak bisa menikmati pencatatan penanaman modal asing (PMA).

Baca juga: Presiden Bertemu Unicorn untuk Bahas Investasi

Lembong menjelaskan, dana-dana segar tersebut masuk ke kantor-kantor induk di Singapura. Walaupun pada akhirnya dikirim juga ke Indonesia, hanya berupa pembayaran vendor, iklan, sewa kantor, dan lain sebagainya terkait operasional.

"Jadi memang sedikit membingungkan. Kita sering dengar pernyataan, Gojek baru dapat sekian miliar dolar AS tapi kok tidak muncul dalam bentuk arus modal masuk berbentuk investasi. Jawabannya ya dana itu masuk ke Singapura, ke induknya. Dari induknya, langsung dibayar ke perusahaan Indonesia. Itu arus modal berbentuk pembayaran," jelasnya.(OL-5)

Baca Juga

dok Bappenas

Peta Jalan Ekonomi Kerthy Bali, Langkah Awal Transformasi Ekonomi Indonesia

👤Adiyanto 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:08 WIB
Peluncuran Peta Jalan dan Master Plan ini merupakan bentuk penerjemahan arahan Presiden Jokowi kepada Kementerian PPN/Bappenas untuk...
Dok. Kementan

Perkuat BPP Langkaplancar untuk Tingkatkan Produktivitas

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:55 WIB
Penguatan dilakukan demi meningkatkan produktivitas yang adalah tugas...
ANTARA

Jokowi Sebut Ekonomi Bali Perlu Transformasi

👤Dhika kusuma winata 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:15 WIB
Jokowi memahami kondisi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bali mengalami penurunan besar lantaran yang terganggunya pariwisata di masa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya