Rabu 08 Mei 2019, 14:00 WIB

Jika Impor Bawang Putih, Bulog Tetap Wajib Tanam

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Jika Impor Bawang Putih, Bulog Tetap Wajib Tanam

ANTARA/Oky Lukmansyah
Seorang petani menunjukkan bawang putih di Desa Tuwel, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

 

KEMENTERIAN Pertanian menegaskan kebijakan wajib tanam sebanyak 5% dari total rekomendasi impor yang diberikan berlaku bagi semua pihak yang akan mengimpor bawang putih.

Tidak ada pengecualian atau pengistimewaan kepada siapa pun, termasuk perusahaan negara, dalam hal ini Perum Bulog.

Hal itu diungkapkan Kepala Sub Direktorat Bawang dan Sayuran Umbi, Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementan, Muh Agung Sanusi melalui keterangan resmi, Rabu (8/5).

Sebelumnya, Perum Bulog dikabarkan dapat melakukan impor bawang putih tanpa menjalankan wajib tanam. Hal itu pun diprotes banyak pihak karena menciptakan ketidakadilan bagi para pelaku usaha lainnya.

"Kementan masih dan akan selalu menegakkan aturan. Tidak ada pengistimewaan-pengistimewaan dalam hal impor bawang putih," tegas Agung melalui keterangan resmi, Rabu (8/5).

Baca juga: Ekspor Bawang Merah bukan Langkah Tepat

Adapun, Perum Bulog, walaupun telah diberikan penugasan untuk melaksanakan impor bawang putih, hingga saat ini belum mulai melakukan pergerakan. Dengan begitu, Kementan pun tidak bisa mengeluarkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura kepada perseroan.

“Sampai sekarang belum ada pengajuan RIPH bawang putih dari Bulog," ucapnya.

Lebih jauh Agung menjelaskan, hingga saat ini, peraturan terkait importasi hortikultura termasuk bawang putih, memberikan kewenangan kepada Kementerian Pertanian untuk menerbitkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH). Sementara kewenangan menerbitkan Surat Persetujuan Impor (SPI) berada di Kementerian Perdagangan.

“Aturan kewenangannya sudah jelas, Kementan mengeluarkan rekomendasi, Kemendag di Persetujuan Impornya. Batasan masing-masing sudah jelas, dan tidak bisa dicampur aduk," tandasnya. (OL-2)

Baca Juga

dok.KNPI

DPP KNPI: Kinerja Pembantu Jokowi Bidang Perekonomian Perlu Perbaikan

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:50 WIB
KINERJA pemerintahan bidang perekonomian mendapat sorotan publik karena kinerja yang buruk. Karena itu, Jokowi harus mengambil langkah...
DOK BNI46

Kuat Dalam GCG, BNI Kembali Menangi Penghargaan IICD

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:13 WIB
Raihan ini akan menjadi tolok ukur bagi perseroan untuk lebih gencar lagi dalam meningkatkan penerapan good corporate governance (GCG)...
Antara

Badan Pangan Nasional Dorong Penguatan Harga Gula Di Tingkat Petani Maupun Konsumen

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 14:18 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menegaskan seluruh pabrik gula dapat membeli gula kristal putih produksi petani tebu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya