Kamis 27 Oktober 2022, 22:40 WIB

Tips Mengonsumsi Kafein yang Aman

Nike Amelia Sari | Weekend
 Tips Mengonsumsi Kafein yang Aman

Antara
Ilustrasi: warga Minum kopi

 

Bagi sebagian orang minum kopi telah menjadi rutinitas keseharian, bahkan menjadi ketergantungan. . Dr Dimple Jangda, seorang ahli Ayurveda (pengobatan tradisional dari India) mengatakan kafein yang terkandung dalam kopi adalah stimulan untuk sistem saraf pusat, dan penggunaan kafein secara teratur menyebabkan ketergantungan fisik ringan.

"Jika Anda berhenti minum kafein secara tiba-tiba, Anda mungkin memiliki gejala penarikan seperti sakit kepala, gelisah, kelelahan, kecemasan, lekas marah, suasana hati yang tertekan, dan kesulitan berkonsentrasi.  Tubuh Anda dengan cepat menyerap kafein.  Diproses terutama melalui hati, beberapa kafein memang menempel di tubuh selama beberapa jam," katanya.

Seorang ahli gizi Ishti Saluja mengatakan bahwa waktu paruh khas kafein berkisar antara 5-7 jam.  Waktu paruh, dalam konteks nutrisi, adalah jumlah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan setengah dari dosis awal molekul. Misalnya, jika Anda menikmati secangkir kopi, dengan sekitar 100 mg kafein, sekitar pukul 15:00, pada pukul 21:00, saat Anda siap untuk tidur, sekitar 50 miligram kafein itu mungkin masih ada di tubuh Anda. Dengan kata lain, apa yang dapat membantu Anda melewati sore hari mungkin juga berdampak negatif pada kualitas tidur Anda malam itu.

“Ini memiliki efek pengeringan pada usus Anda.  Ini dapat menghilangkan lendir dan lapisan lemak baik di dinding perut Anda, dan menyebabkan ketidakseimbangan vata (gangguan terkait kekeringan) jangka panjang,'' katanya seperti dikutip Indianexpress, Kamis (26/10)

“Pastikan makan makanan seimbang yang sehat untuk melapisi dinding perut Anda, sebelum Anda mengonsumsi kafein,” saran Dr Dimple.

Menggemakan pandangan serupa, Dr Karishma Shah, ahli gizi, menjelaskan bahwa kafein, yang bersifat diuretik, dapat menyebabkan dehidrasi dan juga keasaman karena nilai pH-nya — 5.

Saluja mengungkapkan kafein memiliki hubungan langsung dengan kadar kortisol (hormon stres).  “Jadi, seseorang yang sensitif terhadap kafein dan meminumnya dengan perut kosong mungkin mulai mengalami palpitasi dan menggigil, dan seiring waktu hal ini dapat menyebabkan tingkat kecemasan yang lebih tinggi. ".

Ia menyarankan untuk menambahkan sumber lemak saat mengonsumsi kopi di pagi hari untuk membantu melapisi perut dan membantu memperlambat penyerapan kafein ke dalam tubuh, aliran darah, dan meningkatkan kadar kortisol Anda secara perlahan dan stabil. (M-3)

Baca Juga

Dok. AFP/TIMOTHY A. CLARY//GETTY IMAGES/JULIAN FINNEY

Serena Williams Mengaku Kesepian Akut Selama jadi Atlet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 30 November 2022, 10:56 WIB
Mantan petenis nasional AS, Serena Williams, mengaku merasa kesepian akut selama berkarier sebagai atlet...
unsplash.com/Elsa Donald

Hati-hati, Kebiasaan Menghisap Rokok Elektrik dapat Memicu Gigi Berlubang

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 30 November 2022, 09:15 WIB
Sekitar 9,1 juta orang dewasa di Amerika dan dua juta remaja menggunakan produk vaping berbasis...
A-Sha/Tasting Table

'Crazy Rich Ramen' ini Dibanderol Rp3,1 Juta Seporsi

👤Devi Harahap 🕔Rabu 30 November 2022, 08:51 WIB
Seperti dilansir dari Tasting Table, Ramen termahal di dunia itu dijual dalam satu set yang berisikan 8 porsi mi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya