Senin 14 Maret 2022, 08:25 WIB

Ingin bermain Sepatu Roda? Kenali dulu Jenis-jenisnya

Devi Harahap | Weekend
Ingin bermain Sepatu Roda? Kenali dulu Jenis-jenisnya

Unsplash.com/Quinton Coetzee
Roller Skate, salah satu jenis sepatu roda

 

Saat ini, olahraga sepatu roda pun kembali naik daun, tidak kalah dengan bersepeda. Selain melatih keseimbangan, bermain sepatu roda juga bisa mengusir jenuh. Bermain sepatu roda atau roller blade menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Anda mungkin bingung jenis sepatu roda mana yang harus dipilih lantaran kini banyak bermunculan jenisnya.

Artikel yang ditulis oleh Jeff Stone, seorang pegiat dan pelatih olahraga sepatu roda yang berbasis di AS ini mungkin bisa membantu. Seperti dilansir rollerskatedad.com, Stone membandingkan antara rollerblades, roller skates dan inline skates untuk membantu memutuskan mana yang terbaik untuk para pecinta sepatu roda.

Quad roller skate

Quad roller skates adalah sepatu roda tradisional yang digunakan kebanyakan orang di arena roller atau ketika mereka masih kecil. Setiap skate quad memiliki dua as roda, di depan dan satu di belakang. Setiap poros memiliki dua roda di atasnya – satu di kiri dan satu di kanan. Setiap roda memiliki dua bantalan skate di dalamnya dan roda diikat ke skate dengan mur. Sepatu roda quad tersedia dalam sepatu skate high-top atau low-top.

Rollerblade

Rollerblade secara teknis merupakan jenis skate inline. Oleh karena itu, Anda akan melihat istilah rollerblade dan inline skate digunakan secara sinonim. Untuk artikel ini, Stone mengklasifikasikan inline skate sebagai inline speed skate, yang sangat berbeda dengan rollerblade atau sepatu roda quad.

Rollerblade adalah sepatu roda dengan poros tunggal berjalan di sepanjang boot. Roda 3-5 kemudian meluncur ke pelat skate dan diamankan di tempatnya dengan mur gandar panjang. Sebagian besar sepatu roda memiliki sepatu bot bagian atas yang kokoh dan rem di bagian belakang sepatu roda kanan.

Inline Speed Skates

Sepatu roda Speed inline adalah skate khusus yang digunakan oleh skater. Seperti sepatu roda dan sepatu roda inline lainnya, sepatu roda kecepatan inline memiliki poros tunggal dengan 3-4 roda yang meluncur ke poros dan diamankan dengan mur poros panjang. Sepatu roda ini memiliki sepatu bot berpotongan rendah yang sangat pendek untuk memudahkan penggunanya untuk berbelok.

Roda pada sepatu roda ini mulai dari 75mm dan terus berlanjut hingga 130mm. Kebanyakan skater kecepatan inline bersaing di suatu tempat di kisaran 100mm-130mm. Diameter yang lebih besar, roda yang lebih tipis memungkinkan penggunanya untuk menjaga kecepatan mereka untuk jangka waktu yang lebih lama.

Jika Anda baru memulai dan menginginkan sepasang sepatu roda jenis inline skate, Stone sangat merekomendasikan sepatu roda dengan roda pendek dan lebar.  Sedangkan untuk pemula atau anak-anak, Stone menyarankan sepatu roda jenis quad. Jika sudah mahir baru beralih ke  rollerblade. (*/M-4)

 

Baca Juga

Instagram Pusakata

Synchronize Fest 2022 Satukan Is dengan Payung Teduh

👤Fathurrozak 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:30 WIB
Direktur Festival Synchronize Fest menyatukan lagi Is dan Payung...
MI/ Fathurrozak

Agnez Mo sampai Dara Puspita akan Tampil di Synchronize Fest 2022

👤Fathurrozak 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Synchronize Fest 2022 akan berlangsung pada 7-9...
MI

Hore, Program Reporter Cilik Hadir Lagi!

👤Fathurrozak 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:25 WIB
Kali ini, program istimewa Media Indonesia tersebut melibatkan 78 siswa-siswi Muhammadiyah dari berbagai penjuru daerah di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya