Senin 27 Desember 2021, 07:31 WIB

Kenali Beberapa Jenis Makanan yang dapat Memicu Migrain

Nike Amelia Sari | Weekend
Kenali Beberapa Jenis Makanan yang dapat Memicu Migrain

Unsplash.com/ Usman Yousaf
ilustrasi: Sakit Kepala atau Migrain

 

Pola makan yang tidak sehat memang nyatanya dapat memperburuk kesehatan tubuh dan memicu penyakit, salah satunya migrain.

Banyak hal yang bisa memicu penyakit ini, termasuk apa yang kita makan dan minum.

Migrain ialah kondisi sakit kepala yang terasa berdenyut dan umumnya terjadi pada salah satu sisi kepala. Menurut Migraine Research Foundation, makanan yang memicu migrain hanya bisa terjadi jika dikombinasikan dengan pemicu lainnya.

Terdapat beberapa pemicu umum yang dapat menyebabkan atau berkontribusi pada tahap migrain pada beberapa orang. Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu migrain, dilansir dari healthline.com.

1. Kafein

Terlalu banyak kafein dan mencoba menghentikan kafein dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala. Namun menurut American Migraine Foundation, kafein sebenarnya dapat membantu menghentikan serangan migrain yang akan datang. Kafein juga dapat menawarkan bantuan sakit kepala dengan meminumnya sesekali.

2. Pemanis buatan

Banyak makanan olahan mengandung pemanis buatan yaitu alternatif gula yang ditambahkan ke makanan dan minuman untuk menambah rasa manis. Tapi pemanis ini bisa menyebabkan migrain, salah satu pemanis buatan ialah Aspartam yang dianggap memicu tahapan migrain.

3. Alkohol

Alkohol adalah salah satu produk yang umum dianggap memicu migrain. Menurut satu studi, lebih dari 35% responden yang mengeluh migrain melaporkan bahwa alkohol adalah salah satu pemicu umum penyakit mereka. Anggur merah khususnya dilaporkan sebagai pemicu di lebih dari 77% responden yang melaporkan alkohol sebagai pemicu. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan kontributor signifikan dalam mengembangkan sakit kepala.

4. Cokelat

Menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai pemicu paling umum kedua untuk serangan migrain setelah alkohol. Mereka mengatakan itu mempengaruhi sekitar 22 persen orang yang mengalami migrain. Ini disebabkan karena cokelat mengandung kafein dan beta-phenylethylamine, yang dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

5. Makanan yang mengandung MSG

Monosodium glutamat M(MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat, yang secara alami ada dalam tubuh kita. MSG ditemukan dalam banyak makanan sebagai aditif makanan. The American Migraine Foundation mencatat ini dapat memicu episode migrain parah pada 10% hingga 15 % dari mereka yang menderita migrain. Pengawet lain juga bisa menjadi pemicu pada beberapa orang.

6. Daging yang diawetkan

Daging yang diawetkan termasuk daging deli, ham, hot dog, dan sosis mengandung pengawet yang disebut nitrat, yang mempertahankan warna dan rasa. Makanan ini dapat melepaskan oksida nitrat ke dalam darah, yang diduga melebarkan pembuluh darah di otak. Ada beberapa bukti bahwa oksida nitrat dapat menyebabkan atau berkontribusi pada migrain.

7. Keju yang disimpan lama

Keju yang disimpan lama mengandung zat yang disebut tiramin, yang terbentuk saat penuaan makanan menyebabkan pemecahan protein. Semakin lama usia keju, maka semakin tinggi kandungan tiraminnya. Tiramin ialah bahan kimia lain yang dikatakan memicu sakit kepala dan migrain. Keju umum yang mengandung tiramin tinggi diantaranya feta, keju biru, dan Parmesan.

8. Makanan yang diasinkan dan difermentasi

Makanan acar dan fermentasi dapat mengandung tiramin dalam jumlah tinggi. Makanan ini termasuk acar, kimchi, kombucha.

9. Es Krim

Makan makanan dan minuman beku seperti es krim dapat memicu rasa sakit yang menusuk di kepala. Berkemungkinan besar akan mengalami sakit kepala yang menjadi serangan migrain jika mengonsumsi makanan dingin dengan cepat, setelah berolahraga, atau saat kepanasan.

10. Makanan asin

Makanan asin terutama makanan olahan asin yang mungkin mengandung pengawet berbahaya dapat memicu migrain pada beberapa orang. Mengonsumsi natrium tingkat tinggi dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat menyebabkan serangan migrain.

 

 

Baca Juga

MI/adiyanto

FIB UI Gelar Seminar dan Pameran Foto Keberagaman dan Toleransi Masyarakat Singkawang

👤Adiyanto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:31 WIB
Seminar ini kelanjutan penerbitan buku “Memoar Orang-Orang Singkawang” yang diterbitkan pada 15 Februari 2022 , bertepatan...
Dok. Instagram @javajazzfest

Ini Syarat Baru Nonton Java Jazz 2022

👤Fathurrozak 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:05 WIB
Java Jazz 2022 akan dihelat pada 27-29 Mei di JIExpo Kemayoran,...
Unsplash/ Myles Tan

Ini Pentingnya Bermain di Ruang Terbuka Bagi Anak

👤Devi Harahap 🕔Rabu 25 Mei 2022, 15:25 WIB
Bergembira di luar ruangan memberikan kontribusi positif bagi kesehatan mental dan kesejahteraan emosional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya