Selasa 30 November 2021, 07:00 WIB

Karakter dalam Kadet 1947 Bikin Omara Esteghlal Tersentuh

Audria Dwi Kusuma (*) | Weekend
Karakter dalam Kadet 1947 Bikin Omara Esteghlal Tersentuh

MI/Adam Dwi
Omara Esteghlal

 

Berperan sebagai Har dalam film Kadet 1947, Omara Esteghlal mengaku terinspirasi dengan sosok yang diperankannya. Saat menjadi kadet dalam usia 22 tahun, Suharnoko Harbani (Har) digambarkan memiliki sifat ambisi yang cukup tinggi tetapi tidak ditunjukkan karena lebih mementingkan perhitungan demi keselamatan bersama.

Dari karakter Har, Omara banyak mendapat nilai moral serta pelajaran hidup. Salah satu yang membuatnya tersentuh adalah nilai rela berkoban hingga melupakan kepentingan diri sendiri untuk membela negara.

Baca juga: Pandemi tidak Hapus Semangat Kadet 1947

“Satu hal yang mungkin saya pelajari dari sini, maksudnya adalah hal yang paling menyentuh hati adalah orang-orang tersebut, beliau-beliau ini dari umur 20 sampai 22 tahun yang mereka pikirkan sama sekali tidak ada hubungannya dengan dirinya mereka sama sekali. Mereka bahkan tidak peduli akan hidupnya mereka, memakai pesawat yang tidak layak untuk memangku bom dalam pahanya. Akal-akal tersebut kan kalau dipikir udah gak ada hubungannya dengan diri sendiri,” ungkap Omara saat melakukan kunjungan ke Media Indonesia pada Jumat 26/11.

Baca juga: Bertema Perang, Kadet 1947 Gunakan Efek CGI dan Kamera Khusus

Sebagai generasi saat ini, Omara mengaku tidak bisa berpikir sama seperti para pahlawan nasional di masa lalu. Hal tersebut karena dirinya menyadari terdapat kesenjangan generasi yang membuat masyarakat saat ini terlalu sibuk dengan kepentingan diri sendiri.

“Menurutku, zaman sekarang bahkan aku sendiri pun juga tidak bisa berpikir seperti itu. Mungkin ada generational gap ya di mana zaman dulu tuh kita sama sekali tidak mementingkan kepentingan diri. Namun sekarang, kita terlalu sibuk dengan kepentingan diri kita,” lanjutnya.

Menurut Omara, film Kadet 1947 adalah cerita dari cita-cita dan semangat besar dari para kadet. Bermodal itulah, mereka berhasil menjadi sosok besar dalam bidang yang digelutinya. Omara juga berharap film itu dapat membangkitkan semangat para penonton.

“Intinya film ini adalah sebuah representasi dari orang-orang yang ingin besar dan akhirnya sukses menjadi besar dari pahlawan-pahlawan ini. Yang tadi Mas Hardi bilang, membangkitkan semangat ya memang. Semoga itu gambaran tersebut adalah membangkitkan semangat- semangat orang yang merasakan hal yang sama,” tutupnya. (X-15)

Baca Juga

123RF

Bumil, Ketahui Posisi Tidur yang Aman Sesuai Usia Kandungan

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 26 Januari 2022, 23:55 WIB
Kondisi tidur tidak nyaman dapat memengaruhi kualitas...
Dok. IDN Pictures.

Inang, Film Thriller Horor Terbaru garapan Fajar Nugros

👤Fathurozak 🕔Rabu 26 Januari 2022, 16:22 WIB
Film Inang merupakan satu dari tiga film yang diproduksi IDN Pictures selama pandemi. Dua lainnya adalah Balada si Roy dan Srimulat: Hil...
Dok. Perona

Band Perona Daur Ulang Lagu Curam Kehidupan

👤Fathurrozak 🕔Rabu 26 Januari 2022, 13:40 WIB
Lagu Curam Kehidupan ciptaan Yockie Soeryoprayogo pertama dirilis pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya