Rabu 01 September 2021, 11:10 WIB

Kosmonot Rusia Temukan Keretakan di Stasiun Luar Angkasa ISS

Galih Agus Saputra | Weekend
Kosmonot Rusia Temukan Keretakan di Stasiun Luar Angkasa ISS

NASA
Modul Zarya yang disematkan di ISS pada 1998.

 

Sebuah laporan yang dilansir dari Space.com, Selasa (31/8) menginformasikan adanya retakan kecil di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Vladimir Solovyov, Kepala Insinyur Perusahaan Energia yang berbasis di Moskow menjelaskan retakan muncul dibeberapa permukaan modul Zarya.

"Ini buruk dan menunjukkan bahwa celah akan menyebar dari waktu ke waktu," terangnya dalam laporan tersebut.

Solovyov selanjutnya tidak menjelaskan apakah retakan yang ditemukan kosmonot Rusia itu akan menyebabkan kebocoran udara pada modul Zarya atau sebaliknya. Zarya sendiri adalah bagian dari segmen Rusia, yang pertama kali mencapai orbit ISS pada November 1998. 

Modul Zarya selama ini juga dikenal sebagai Functional Cargo Block (FCB). Salah satu fungsinya ialah untuk menyuplai energi dari baterai untuk ISS.

Menurut Space.com, retakan ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Modul Zvezda Rusia, sebelumnya juga pernah mengalami kebocoran udara kecil pada September 2019. Celah kecil itu lantas ditambal kosmonot pada Oktober 2020 dan Maret tahun ini. Meski begitu, celah kecil itu tetap menyebabkan masalah dimana modul lain dilaporkan mengalami penurunan tekanan.

ISS  juga sempat melihat kebocoran udara pada Agustus 2018. Kala itu mereka menemukan lubang dari bor yang terpasang pada pPesawat ruang angkasa Soyuz. Kronologi lepasnya bor itu hingga kini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, sebagian besar ahli mengatakan peristiwa itu murni karena kesalahan manusia (human error) di lapangan. (Space.com/M-2) 

Baca Juga

Instagram tekatekitikafilm

Fakta-Fakta Teka-teki Tika, Film Terbatu Ernest Prakasa

👤Nike Amelia Sari 🕔Minggu 05 Desember 2021, 21:47 WIB
Film terbaru dari Ernest Prakasa ini bakal tayang di jaringan bioskop mulai 23...
Ist

Terapkan Kebijakan Bebas Bulu, Armani Tinggalkan Wool Angora

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 10:00 WIB
"Di Armani, persentase produk yang menggunakan wool angora sangat rendah dan kami berencana menggenatinya dengan material yang masuk...
Dok. Pribadi

Mendampingi di Kala Pandemi

👤Fathurrozak 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:40 WIB
PANDEMI covid-19 sedikit banyak memengaruhi proses konsultasi dan pendampingan korban kekerasan seksual yang dilakukan LBH APIK...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya