Rabu 25 Agustus 2021, 08:00 WIB

Ilmuwan Temukan Spesies Alga Baru di Kepulauan Andaman

Galih agus Saputra | Weekend
Ilmuwan Temukan Spesies Alga Baru di Kepulauan Andaman

Mladen ANTONOV / AFP
Pulau Andaman di India

 

Seorang ilmuwan asal India baru-baru ini dikabarkan berhasil menemukan spesies alga laut baru di kepulauan Andaman, perbatasan antara India dan Myanmar. Alga berwarna hijau dengan struktur mirip payung itu ditemukan Felix Bast, dari Central University of Punjab, dan diberi nama Acetabularia jalakanyakae.

Penaman spesies baru kali ini diambil dari kata 'jalakanyaka' yang berarti 'dewi lautan' atau 'putri duyung' dalam bahasa Sansekerta. Karakteristik utama dari tanaman ini hanya terdiri dari satu inti sel atau nukleus.

"Alga yang baru ditemukan ini sangat menakjubkan. Ia memiliki topi dengan desain rumit layaknya payung putri duyung,” tutur Bast, seperti dilansir dari Independent, Selasa, (24/8).

Bast memublikasikan temuannya ini di Indian Journal of Geo-Marine Sciences. Alga tersebut kali pertama di temukan pada Mei 2019. Kala itu, ia tengah melakukan perjalanan ke Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Bast awalnya mengira 'Acetabularia jalakanyakae' ialah spesies yang sudah dikenal. Namun, karena tertarik dengan bentuk spesies ini, ia lantas membawanya ke laboratorium. "Usai mengamati taksonominya secara teliti selama lebih dari satu setengah tahun, ternyata spesies ini ialah spesies baru,” imbuhnya.

Pakar Alga, Vandana Vinayaka mengatakan temuan ini cukup menarik. 'Acetabularia jalakanyakae' ialah alga pertama yang ditemuLn di Kepulauan Andaman dan Nicobar dalam 37 tahun terakhir. Spesies alga terakhir yang ditemukan di pulau itu ialah alga hijau mikroskopis, 'desmids' pada 1984.

Bast menjelaskan Acetabularia pada dasarnya memiliki endapan kalsium karbonat tinggi, yang kenyumbang hampir setengah dari berat keringnya. Sayangnya spesies yang baru saja ditemukan ini juga sangat rentan terhadap pengasaman laut yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca global. (M-4)

 

Baca Juga

PT. Map Boga Adiperkasa

Cita Rasa Nusa Tenggara Timur Beef Se’i Sambal Luat Hadir di Subway

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 07:00 WIB
Subway Memperkenalkan Menu Beef Se’i Sambal Luat untuk Memperingati Kemerdekaan...
MI

Sudoku edisi 7 Agustus 2022

👤MI 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo:  Belum Merdeka

👤M. Tiyok 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 05:55 WIB
KENAPA kamu Nen lemes banget kaya belum makan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya