Sabtu 16 Januari 2021, 09:15 WIB

Ini yang Ikut Menentukan Kemanjuran Vaksin di Tubuh Anda

Deden Muhammad Rojani | Weekend
Ini yang Ikut Menentukan Kemanjuran Vaksin di Tubuh Anda

Unsplash/ Hakan Nural
Riset menunjukkan jika stres dapat membuat tubuh tidak merespon vaksin dengan baik.

DENGAN dimulainya program vaksinasi di Indonesia pada 13 Januari 2021, kini banyak tenaga kesehatan dan medis telah menerima sms soal waktu dan lokasi vaksinasi. Setelahnya, vaksinasi akan dilanjutkan ke masyarakat luas.

Banyak yang antusias, namun tidak sedikit yang cemas akan efek vaksin ke tubuh. Cemas memang wajar tetapi kecemasan berlebih atau stres harus dihindari karena malah bisa membuat imun tidak merespon vaksin dengan baik. 

Hal itu diungkapkan makalah yang ditulis oleh mahasiswa paskasarjana dari Ohio State University, Amerika Serikat, Annelise Madison. Dilansir, Rabu (13/1) di situs resmi universitas itu, news.osu.edu, Madison mempelajari 49 riset soal kerja vaksin di tubuh manusia, yang ada selama 30 tahun terakhir.

Riset-riset itu menunjukkan tiga bentuk umum gangguan imun tubuh setelah divaksin. Ketiganya adalah gangguan pembentukan antibodi untuk melawan penyakit (patogen); cepat hilangnya antibodi yang telah terbentuk; dan banyaknya efek samping dari vaksin yang muncul.

Namun makalah yang dibuat Madison juga menunjukkan kabar baik, yakni bahwa sebetulnya tiap orang memiliki kemampuan untuk membuat tubuhnya dapat merespon vaksin dengan lebih baik. Salah satu faktor utama penentu respon itu adalah tingkat stres.

Sebab itu penting bagi para penerima vaksin untuk mengontrol stres. Beberapa caranya relaksasi pikiran, meditasi, olahraga, tidur yang cukup, hingga berhenti merokok. Makalah Madison menyebutkan jika cara-cara tersebut dalam jangka waktu pendek telah terbukti dapat mengurangi stres. Sementara untuk orang yang menderita depresi, ia menyarankan untuk mencari bantuan profesional. (M-1)
 

Baca Juga

 Daniel LEAL-OLIVAS / AFP

Pangeran Harry Khawatir Sejarah Terulang

👤Adiyanto 🕔Senin 01 Maret 2021, 17:00 WIB
Harry telah lama memiliki hubungan yang kurang baik dengan tabloid Inggris dan menyalahkan tekanan pers yang berkontribusi pada kematian...
The Crown/Netflix

Netflix Dominasi Kategori Serial TV di Ajang Golden Globe

👤Fathurrozak 🕔Senin 01 Maret 2021, 13:36 WIB
Total dari 20 nominasi kategori televisi, Netflix membawa enam kemenangan piala Golden Globe...
Netflix

Tribute sang Istri untuk Chadwick Boseman

👤Bagus Pradana 🕔Senin 01 Maret 2021, 13:04 WIB
Boseman mendapat penghargaan aktor terbaik kategori film drama di Golden Globe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya