Rabu 25 November 2020, 16:00 WIB

Asyiknya, Kota ini Punya Jalur Sepeda Melewati Hutan

MI Weekend | Weekend
Asyiknya, Kota ini Punya Jalur Sepeda Melewati Hutan

Luc Daelemans/Lonely Planet
Jalur sepeda modern di Limburg

LIMBURG yang berada di negara bagian Flanders, Belgia, merupakan ibu kota pariwisata bersepeda. Ini karena jalur sepeda yang sudah sangat memadai dan memang suasana provinsi itu yang nyaman untuk bersepeda.

Kini, Limburg menawarkan sensasi baru bersepeda dengan membuat jalur melintasi hutan Bosland yang merupakan hutan terbesar di Flanders. Dilansir dari Lonely Planet pada Senin (23/11), pembuatan jalur itu masuk di proyek Cycling through the Trees. 

Igor Philtjens, Presiden program Visit Limburg mengatakan bahwa jalur bersepeda dirancang untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan mendorong orang untuk keluar ke perdesaan serta menjelajahi alam sekitarnya dengan sepeda.

“Dan betapa suksesnya itu, karena jumlah pengendara sepeda yang mengunjungi Cycling through Water dan Cycling through the Trees terus bertambah serta proyek ini semakin mendapat pengakuan internasional,” ujar Philtjens.

Pengendara sepeda akan melintasi jalur melingkar yang secara bertahap membawa pengendara naik ke ketinggian sekitar 10 meter sehingga dapat menikmati pemandangan 360 derajat dari kanopi hutan dan cagar alam di bawahnya. Di beberapa titik terdapat batang pohon bekas yang didaur ulang menjadi tempat istirahat dan sarana informasi di jalur yang dirancang oleh studio Belgia BuroLandschap dan De Gregorio & Partners itu. 

Jalur bersepeda ini merupakan proyek kedua dari serangkaian proyek bersepeda imajinatif di Limburg dan mengikuti jalur Cycling through Water di Bokrijk. Sesuai namanya, Cycling through Water memiliki jalur memotong kolam, dengan air setinggi mata di kedua sisinya sehingga pengendara sepeda merasa seperti sedang mengendarai di atas air.

Dewan pariwisata setempat berharap dengan adanya jalur bersepeda ini, Limburg semakin menunjukkan diri sebagai pelopor dalam wisata bersepeda dengan memanfaatkan infrastruktur dan fasilitas yang lebih baik untuk turis bersepeda.

Saat ini Limburg memiliki 2.000 kilometer jalur sepeda beraspal, aman, dan sebagian besar bebas mobil serta menyambut lebih dari 300 juta wisatawan bersepeda setiap tahun. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)

Baca Juga

Netflix

Ozark dan The Crown Bawa Netflix Dominasi Critic's Choice Award

👤Irana 🕔Selasa 19 Januari 2021, 16:13 WIB
Critic's Choice Award 2021 akan dihelat pada 7 Maret...
FACEBOOK / AFP

Para Aktivis ini Dinominasikan Raih Penghargaan HAM

👤Adiyanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 11:00 WIB
Salah satu nominator acara yang akan dihelat 11 Februari ini adalah aktivis perempuan Saudi, Loujain...
Sam YEH / AFP

Ilmuwan Berhasil Menyembuhkan Tikus yang Alami Kelumpuhan

👤Deden Ronjani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 08:00 WIB
Terapi gen hanya untuk beberapa sel saraf dapat merangsang regenerasi aksonal berbagai sel saraf di otak dan beberapa saluran motorik di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya