Selasa 24 November 2020, 19:15 WIB

Kehabisan Slot Pameran Imersif Affandi? Pakai Saja Fitur Ini

Galih Agus Saputra | Weekend
Kehabisan Slot Pameran Imersif Affandi? Pakai Saja Fitur Ini

Instagram Galeri Nasional
Suasana pameran Imersif Affandi

Galeri Nasional Indonesia baru-baru ini menghelat pameran karya maestro seni rupa Indonesia, Affandi Koesoema atau yang akrab disapa Affandi. Dalam pameran yang memanfaatkan teknologi visual tersebut, mereka menyuguhkan karya yang merepresentasikan perjalanan artistik perupa asal Cirebon, Jawa Barat ini selama periode 1940-1970an.

Namun, sayangnya, pameran yang berlangsung selama kurang lebih sebulan itu belum cukup menampung tingginya minat para penikmat karya seni terhadap lukisan Affandi. Meski tenggat 25 November belum berakhir, slot untuk menyaksikan pameran sudah habis sejak kurang lebih sepekan lalu. 

Pada pameran ini, pengunjung memang harus melakukan reservasi untuk bisa menikmati pameran. Sebab, pihak membatasi pengunjung pameran dalam enam slot waktu per hari, dan 20 orang per slot. 

Alhasil, banyak peminat yang meminta pameran ini diperpanjang. Hal itu terlihat dari banyaknya komentar pengikut akun Instagram Galeri Nasional, @galerinasional. 

"Karena event seperti ini sangat khusus, mohon agar bisa diperpanjang masa pamerannya," tutur akun @tutupamoedji.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Galeri Nasional, Pustanto meminta agar para penikmat seni memaksimalkan jadwal yang telah disediakan. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Galeri Nasional saat ini sudah menyiapkan program daring di galeri-nasional.or.id atau galnasonline.id untuk mengakomodasi permintaan.

"Galeri Nasional sudah menyiapkan program-program dengan fitur-fitur online, dengan teknologi 360° yang dapat dilihat setelah acara (pameran -red) ini selesai," katanya, saat menjadi pembicara dalam acara 'Konservator Bicara: Studi Lukisan Affandi, Selasa, (24/11).

Adapun Pameran 'Alam, Ruang, Manusia: Pameran Imersif Affandi' sendiri sebelumnya dibuka di Galeri Nasional, sejak 26 Oktober hingga 25 November.

Pameran dihelat untuk menemukan kekayaan khazanah visual dari sosok Affandi yang dianggap menjadi salah satu pembaharu seni lukis tanah air, dan berperan dalam dinamika kebudayaan nasional. Sebagaimana diketahui, kisah Affandi adalah kisah tentang daya hidup, kerja keras, dan terus melangkah maju yang menurut Galeri Nasional dapat menjadi rangkaian inspirasi untuk memulihkan diri dari situasi pandemi. (M-2) 

Baca Juga

Netflix

Ozark dan The Crown Bawa Netflix Dominasi Critic's Choice Award

👤Irana 🕔Selasa 19 Januari 2021, 16:13 WIB
Critic's Choice Award 2021 akan dihelat pada 7 Maret...
FACEBOOK / AFP

Para Aktivis ini Dinominasikan Raih Penghargaan HAM

👤Adiyanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 11:00 WIB
Salah satu nominator acara yang akan dihelat 11 Februari ini adalah aktivis perempuan Saudi, Loujain...
Sam YEH / AFP

Ilmuwan Berhasil Menyembuhkan Tikus yang Alami Kelumpuhan

👤Deden Ronjani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 08:00 WIB
Terapi gen hanya untuk beberapa sel saraf dapat merangsang regenerasi aksonal berbagai sel saraf di otak dan beberapa saluran motorik di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya