Jumat 10 Januari 2020, 17:39 WIB

AC Ramah Lingkungan Mencuri Perhatian Publik

Galih Agus Saputra | Weekend
AC Ramah Lingkungan Mencuri Perhatian Publik

CES
Oxicool

SEBUAH pendingin ruangan (air conditioner/AC) yang dibuat oleh produsen rumahan baru-baru ini mendapat sambutan hangat di gelaran CES 2020. Acara ini diinisiasi oleh Consumer Technology Association (CTA) dan diselenggarakan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Pendingin ruangan itu tampil dengan kelebihannya yaitu bebas emisi, di antara ribuan orang dari berbagai belahan dunia yang berkumpul untuk mengembangkan bisnisnya di bidang teknologi.

CES 2020 sendiri berlangsung sejak 7 Januari lalu hingga hari ini. HomeCool demikian namanya muncul dalam gelaran tersebut dengan didesain yang dirancang oleh kelompok bisnis rintisan OxiCool dari Pennsylvania. HomeCool adalah nama AC tersebut dan menggunakan air sebagai materi utama untuk pendingin ruangan. Ia tak menggunakan klorofluorokarbon yang dewasa ini terdapat pada AC tradisional atau yang sudah lama beredar di pasaran. Ia tidak memengaruhi emisi gas rumah kaca karena sedari awal dikembangkan untuk memerangi perubahan iklim.

Pihak OxiCool menjelaskan bahwa perangkatnya yang berbentuk kubus, mampu mengurangi konsumsi listrik hingga 90 persen. Tak kalah menarik, mereka juga mengatakan bahwa air yang keluar HomeCool dapat diminum dan setiap suku cadang yang melekat padanya dapat didaur ulang.

HomeCool pada dasarnya mirip dengan sistem kompresi uap. Hanya saja, ia tidak menggunakan kompresor tetapi dirancang sebagai sistem loop tertutup. Sejumlah penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa AC menghasilkan sekitar dua miliar ton karbon dioksida setiap tahun sehingga sangat mempengaruhi perubahan iklim. Namun demikian, pada kesempatan ini, OxiCool telah hadir di Las Vegas dengan HomeCool untuk pertama kalinya memamerkan produk tersebut kepada dunia.

“HomeCool menyediakan pendingin ruangan yang bersih dan sunyi untuk rumah yang menggunakan gas alam, propana, atau juga panas matahari di masa depan. Produk ini tidak menggunakan pendingin berbahaya, dan sebagai gantinya hanya menggunakan empat elemen alami yaitu tanah, air, api, dan udara. Ini adalah teknologi bersih menggunakan saringan molekuler dalam unit yang tertutup rapat, yang terbuat dari stainless steel. Produk ini dilengkapi dengan opsi teknologi terbaru seperti sensor nirkabel, detektor gerakan, speaker Alexa, dll,” tulis OxiCool dalam sebuah pernyataan yang dilansir Dailymail.

Pendiri dan CEO Oxicool, Ravikant Barot menambahkan bahwa pada dasarnya manusia adalah penumpang di planet bumi. Maka dari itu, ia sebagai salah satu bagian darinya merasa perlu bertanggung jawab dan memiliki kewajiban untuk memastikan kondisi selalu terjaga dengan baik. (M-4)

Baca Juga

Unsplash/ Puria Berenji

Ini Deretan Musik Paling Banyak Diputar di Spotify 2020

👤Deden Muhammad Rojani 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:55 WIB
Drake, Bad Bunny, Dua Lipa, dan The Weeknd adalah kategori artis yang paling banyak diputar di Spotify sepanjang...
Dok. Youtube

Cegah Misinformasi, Youtube Luncurkan Panel Cek Fakta

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:35 WIB
Pengecekan fakta itu dilakukan dengan melibatkan 24 organisasi media dan enam penanda tangan International Fact-Checking Network’s...
 Tolga Akmen / AFP

Tetap Gunakan Masker Jika Berada Ruangan Berventilasi Buruk

👤Adiyanto 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:35 WIB
Ini merupakan rekomendasi terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait pedoman penggunaan masker guna mencegah penularan virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya