Jumat 28 Juni 2019, 18:05 WIB

Wi-fi Kantor, Nyaman Namun Riskan

Suryani Wandari Putri | Weekend
Wi-fi Kantor, Nyaman Namun Riskan

dok. 123rf
Bahaya mengintai saat anda menghubungkan perangkat bergerak dengan wifi. Termasuk wifi yang disediakan kantor anda.

 

Saat ini wifi sudah seperti kebutuhan. Menghubungkan perangkat ke wifi guna menghemat kuota data bukan hal baru.

Tak pelak setiap kantor memiliki lebih dari satu jaringan wifi. Apalagi sudah jarang pegawai yang menyambungkan kabel ke laptop mereka. Berdasarkan riset yang dilakukan Kaspersky baru-baru ini mengatakan jaringan nirkabel menjadi titik lemah dalam infrastruktur teknologi informasi (TI) Anda.

Ya, tidak semua perusahaan menggunakan kata sandi yang kompleks dan unik untuk jaringan nirkabel mereka. Selain itu sedikit yang berupaya  menonaktifkan penyiaran nama jaringan. Bahkan tidak begitu banyak yang membatasi kekuatan sinyal wifi untuk mencegah koneksi jaringan di luar kantor.

Langkah kecil tersebut sebenarnya pencegahan sederhana dari serangan potensial dari luar kantor yang mencoba masuk jaringan wifi. Hanya dengan beberapa router, pelaku kejahatan siber dapat dengan mudah menggunakan kerentanan dalam firmware.

Para peneliti Kaspersky secara teratur mendeteksi kerentanan pelaku kejahatan siber menyerang jaringan melalui router. Dalam beberapa kasus mereka bisa mendapatkan hak pengguna super pada perangkat. Biasanya pengembang berupaya lebih cepat memperbaiki kerentanan tersebut. Masalahnya banyak perusahaan tidak menginstalasi patch pada waktu yang tepat, terutama jika melibatkan reflashing firmware.

Tak hanya itu, banyak perusahaan menggunakan jaringan Wi-Fi yang berbeda untuk karyawan dan tamu. Pemisahan itu merupakan pencegahan, sehingga tamu tidak memiliki akses ke jaringan perusahaan dan sumber internal. Namun, jaringan wifi tamu ini berpotensi merugikan Anda.

Menciptakan kata sandi untuk wifi tamu mudah, bila terkonfigurasi dengan benar. Bila tidak, tamu dapat menuju beberapa elemen infrastruktur perusahaan. Bahkan dengan konfigurasi jaringan yang tepat, tanpa disadari karyawan perusahaan dapat membahayakan diri mereka sendiri.

Misalkan karyawan yang ingin mengakses sumber daya jaringan yang diblokir kebijakan perusahaan. Tanpa berpikir dua kali, ia menghubungkan laptop dengan data rahasia ke jaringan wifi para tamu. Sekarang pelaku kejahatan siber yang bersembunyi di jaringan yang sama dapat menyerang man-in-the-middle dan menginfeksi laptop si karyawan dengan malware.

Jadi jika tak terlau perlu, mending pakai kuota sendiri yang lebih aman ya. (M-3)

Baca juga : Ilustrator Marvel dan DC Comics Sumbang Ilustrasi Gundala

 

Baca Juga

Instagram @jokowi

Presiden Ingatkan Penyanyi Cilik Farel Prayoga untuk Tidak Lupa Belajar

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:40 WIB
Penampilan Farel Prayoga di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 2022, di Istana Merdeka membuat para tamu ikut...
dok: Setkab

Baju Adat Dolomani hingga Kebaya Karya Didiet Maulana di Istana Negara

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:50 WIB
Tak hanya pakaian adat yang telah terkenal seperti kebaya, dari tahun ke tahun pakaian adat yang dihadirkan semakin...
MI/Devi Harahap

Yuk, Intip Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:25 WIB
Pameran yang diadakan Kemenseneg ini memajang sebanyak tujuh unit mobil kepresidenan yang pernah menjadi kendaraan dinas dan digunakan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya