Selasa 04 Juni 2019, 12:05 WIB

Ke Banyuwangi? Wajib Beli ini

Rizky Noor Alam | Weekend
Ke Banyuwangi? Wajib Beli ini

Dok. Antara
Proses pembuatan sale pisang.

 

Berkunjung ke Banyuwangi selain menikmati keindahan alam dan budayanya juga wajib mencicipi kuliner khasnya. Jangan lupa membeli oleh-oleh khas daerah sana. Media Indonesia merangkum sejumlah penganan khas Banyuwangi yang bisa Anda bawa pulang, apa saja itu?

1. Kopi Banyuwangi

Banyuwangi memiliki sejumlah varian kopi yang berbeda dari daerah lain. Namun, yang paling terkenal adalah Kopi Kemiren. Kopi tersebut merupakan produksi masyarakat Desa Adat Osing Kemiren. Banyuwangi juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia, bahkan kualitas kopi Banyuwangi berada di peringkat ke 4 setelah Jamaica, Hawaii, dan Toraja. Di Banyuwangi terdapat beberapa perkebunan kopi yang mampu memproduksi hampir 3.900 ton kopi per tahun dari sekitar 3.800 hektare perkebunan kopi. Di sini juga terdapat komunitas yang memiliki tradisi minum kopi yang khas, seperti di desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Di desa tersebut, masyarakat setempat memiliki filosofi minum kopi yang disimbolisasi dalam ungkapan "sekali seduh kita bersaudara". Selain kopi Kemiren, jenis kopi yang juga terkenal dari Banyuwangi adalah kopi Lanang dan kopi Seblang.

2. Kue Bagiak

Bagiak adalah kue asli Banyuwangi yang mempunyai rasa manis dan asin. Biasanya kue ini berbentuk lonjong. Ada banyak varian rasa dari kue Bagiak seperti keninggar, cokelat, kacang hingga durian. Kue tersebut terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, seperti tepung kanji, pelapah, susu, garam, telur, dan bahan perasa, yang kemudian diolah menjadi satu adonan dan dicetak sesuai bentuk lalu dipanggang dalam oven. Bagiak berarti bahagia yang juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya hasil panen atau juga berarti sebagai kemenangan besar melawan hawa nafsu serta adanya hajatan keluarga. Pada awalnya kue Bagiak ini hanya tersedia pada saat Hari Raya Idul Fitri saja. Namun kemudian menjadi camilan yang menjadi ciri khas Banyuwangi dan bisa dinikmati setiap saat.

3. Kerupuk rumput laut

Kawasan pesisir Banyuwangi kaya akan tangkapan laut. Salah satu produk unggulah Banyuwangi adalah kerupuk rumput laut. Hal yang istimewa dari kerupuk rumput laut khas Banyuwangi adalah tanpa msg. Rasa asin di kerupuk tersebut berasal dari rumput laut.

4. Sale Pisang

Sale Pisang sepertinya sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Setiap daerah memiliki varian Sale Pisangnya sendiri. Banyuwangi juga memiliki Sale Pisangnya sendiri. Makanan tersebut terbuat dari buah pisang diiris tipis kemudian dijemur hingga kering. Banyak sentra pembuat sale pisang, seperti di kelurahan Klatak, Lateng, Singonegaran, Kebalenan, Penganjuran, Mojopanggung, Kecamatan Glagah, Songgon, Sukonatar,Bangorejo, Buluagung, dan Siliragung. Tidak mengherankan karena dahulu Banyuwangi pernah dikenal sebagai kota pisang karena banyak tanaman pisang di daerah tersebut. Nah, bagi Anda yang ke Banyuwangi wajib mencoba sale pisang tersebut karena rasanya gurih dan renyah.

5. Kaos Banyuwangi

Oleh-oleh lainnya yang wajib dibeli adalah kaos khas Banyuwangi. Anda dapat membeli kaos khas Banyuwangi yang tersedia di berbagai pusat oleh-oleh. Kaos-kaos tersebut memiliki kata-kata yang unik dengan ciri khas etnik Banyuwangi. (M-3)

Baca juga : Ide Makanan Lebaran dari Sang Master

 

Baca Juga

Dok. Disney+ Hotstar

Serial Jurnal Risa Jadi Medium Merekam Horor Masa Kecil

👤Fathurrozak 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:00 WIB
Serial delapan episode Jurnal Risa berasal dari novel karya Risa Saraswati berjudul Teror Liburan...
KAZUHIRO NOGI / AFP

Beberapa Spesies Kunci ini Berperan Penting Memulihkan Ekosistem di Amerika utara

👤Adiyanto 🕔Kamis 01 Desember 2022, 16:25 WIB
Berang-berang laut memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga ekosistem di...
Unsplash/ Amir Seilsepour

Empat Tren Rias Wajah di 2023

👤Bintang Krisanti 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:15 WIB
Penata rias profesional Indonesia, Upan Duvan, menyebutkan tren tata rias natural diperkirakan masih akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya