Senin 03 Juni 2019, 15:25 WIB

Ide Makanan Lebaran dari Sang Master

Rizky Noor Alam | Weekend
Ide Makanan Lebaran dari Sang Master

Dok. JavaPr
Pemenang Masterchef Indonesia Season 3, Chef William Gozali menunjukkan kebolehannya saat demo masak di acara Kelas Pintar Vol.2.

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba. Selain wajah-wajah berseri mengenakan pakaian baru, satu pemandangan yang lazim dan khas di Hari Lebaran adalah hidangan ketupat dan opor.

Ketupat seolah menjadi santapan wajib saat Lebaran. Namun, ada kalanya orang bosan karena disuguhi menu yang nyaris sama baik di rumah, maupun saat bersilaturahmi ke rumah tetangga, saudara, atau teman. Padahal, masih banyak sajian yang bisa dihidangkan di Hari Lebaran selain ketupat.

Bagi yang ingin menyajikan hidangan berbeda kepada tamu di Hari Raya sekaligus menghindari rasa bosan, bisa mencoba dua resep dari Chef William Gozali, pemenang Masterchef Indonesia Season 3.  


Resep pertama adalah Nasi Kuning Ayam Mentega (Butter Chicken with Tumeric Rice). Sajian ini bisa menggantikan ketupat opor maupun hidangan berat bersantan lainnya. Berbeda dengan nasi kuning yang umumnya disuguhkan dengan ayam goreng, resep nasi kuning dari chef yang akrab dipanggil Chef Willgoz menggunakan ayam yang dimarinasi dan dimasak dengan saus khas.

Resep kedua dari Chef Willgoz adalah Churros dengan Saus Coklat Almond (Churros with Spiced Almond Dark Choco Sauce). Makanan ini bisa dijadikan sebagai hidangan pembuka (appetizer) maupun penutup (dessert) yang menggantikan camilan khas Lebaran, seperti kue nastar dan kue kering lainnya. Churros yang bisa menggugah selera ini juga cukup mudah membuatnya dan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama anak.

Bagi chef Willgoz, dalam siaran persnya yang diterima Media Indonesia menjelaskan selain mengasah kreatifitas, memasak juga dapat menghilangkan stres.

“Saya menilai memasak bisa menghilangkan stres, apabila dijadikan hobi.  Apalagi jika kemudian hasil masakan kita mendapat apresiasi dari keluarga dan orang lain. Ini bisa membuat kita senang sehingga menghilangkan stress,” ungkapnya. (M-3)

Baca juga : Lemaskan Otot Saat Macet dengan Latihan Ini
 

Baca Juga

123RF

Terdampak Pandemi, Gajah-Gajah pun Ikutan Deurbanisasi

👤Abdillah Marzuqi 🕔Selasa 26 Mei 2020, 23:44 WIB
Porsi makan gajah dewasa di tempat wisata bisa mencapai 300 kilogram per...
MI/RAMDANI

Cara Mengatasi Kecemasan Menyongsong Kehidupan Normal Baru

👤Fetry wuryasti 🕔Selasa 26 Mei 2020, 18:35 WIB
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima kenyataan pandemi dan hal yang mungkin...
 unsplash/Krzysztof Niewolny

Ini Trik Rahasia Agar Tanaman Cepat Berbunga

👤Faturrhozak 🕔Selasa 26 Mei 2020, 15:00 WIB
Ketika dihadapkan pada kekurangan serbuk sari, lebah akan merusak daun tanaman dengan memakannya agar tanaman berbunga lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya