Jumat 23 September 2022, 09:31 WIB

Digitalisasi Selling Out Lebih Efisien Kelola Distributor

Siswantini Suryandari | Teknologi
Digitalisasi Selling Out Lebih Efisien Kelola Distributor

Ilustrasi
Ilustrasi distribusi

 

AKTIVITAS distribusi merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan ekonomi. Sebab, proses distribusi ini yang memungkinkan produk dari pabrikan atau produsen bisa sampai dan diterima oleh konsumen.

Dalam proses distribusi ditemukan beragam masalah yang harus dihadapi oleh perusaan pabrikan. Pabrikan akan sulit bersaing dan sulit memperluas pasar apabila data distribusi di wilayah penjualan distributor tidak tersedia atau tidak akurat.

Ketersediaan data seling out distributor (data penjualan dari distributor ke toko) yang akurat dan realtime membutuhkan usaha dan biaya yang tidak murah bagi pabrikan dan distributor.

Pada umumnya pabrikan mewajibkan distributor untuk menggunakan sistem manajeman distribusi (DMS) yang telah didesain untuk memenuhi kebutuhan pabrikan yang sejalan dengan strategi bisnisnya.

Apabila pabrikan tidak menyediakan DMS untuk distributor, maka distributor wajib membuat rekap penjualan sesuai dengan format yang diinginkan pabrikan. Karena dilakukan distributor dengan cara merekap, tentunya laporan ini membutuhkan waktu dan upaya khusus.

Seringkali rekap penjualan yang dibuat menimbulkan selisih dengan aktualnya, yang pada akhirnya berdampak pada pabrikan.

Di tengah kemajuan teknologi informasi, kini masalah DMS ini bisa lebih efisien dengan sistem manajemen informasi bernama  Firmus Transaction Acquisition System (Firmus TAS).

Firmus TAS adalah suatu sistem manajemen informasi untuk mengelola data selling out. Distributor cukup mengirimkan transaksi-transaksi operasionalnya sesuai versi distributor. Secara intelligent dan akurat Firmus TAS akan mengakuisisi data-data pada transaksi tersebut, sehingga menghasilkan data seling out distributor yang siap dipakai pabrikan.

baca juga: Tjufoo dan Stellar Women Kolaborasi Adakan Akselerasi Bisnis untuk Pebisnis Perempuan

Dengan demikian distributor tetap dapat menggunakan internal sistem mereka, sehingga berbagai kendala dan kerumitan adminitrasi, akuntansi, perpajakan dan integrasi data sudah tidak ada lagi. Distributor dapat menggunakan single system untuk keperluan perusahaannya.

"Firmus TAS telah didesain untuk dapat mengakuisisi data seling out dari berbagai macam aplikasi internal distributor. Dengan demikian pabrikan memberikan kemudahan bagi distributor, baik dari sisi waktu, tenaga dan biaya pengolahan data," kata Hadi Buntoro, Direktur PT Firmus Solusindo yang menyediakan jasa layanan digital Firmus TAS di Jakarta, Jumat (24/9).

Sistem akan memproses data selling out multi-distributor secara realtime sehingga pabrikan dengan mudah, anytime, anywhere dapat mengetahui distribusi produknya. Termasuk mengetahui toko atau kanal distribusi yang membeli atau tidak membeli produk-produknya. (N-1)

 

 

Baca Juga

Ist

Lenovo ISG Bantu Perusahaan Atasi Ragam Tantangan di Era Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 21:06 WIB
Lenovo Infrastructure Solutions Group (ISG), penyedia solusi infrastruktur cerdas untuk organisasi, mulai dari skala kecil seperti UMKM,...
Ist

Inovasi Perangkat Audio Dukung Konten Kreator Maksimalkan Kreasi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 14:58 WIB
Produk Saramonic Blink 500 ProX B2 ini sangat cocok digunakan untuk merekam instrument, streamer, vlog, dan citizen jurnalism karena...
Ist

Didukung Core 12th Gen Intel, ASUS Zenbook 14 OLED Lebih Powerful

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:26 WIB
Asus Zenbook 14 OLED (UX3402) merupakan lapto engan desain baru lebih elegan dengan dukungan prosesor 2th Gen Intel Core yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya