Senin 08 Agustus 2022, 14:00 WIB

Masyarakat Indonesia Majemuk, Berinternet Harus Punya Tata Krama

Mediaindonesia.com | Teknologi
Masyarakat Indonesia Majemuk, Berinternet Harus Punya Tata Krama

Unsplash.com
Ilustrasi

 

Masyarakat menghadapi tantangan budaya dengan perkembangan pesat digitalisasi, seperti mengaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya kesopanan dan kesantunan. Hal ini menyebabkan menghilangnya budaya Indonesia karena arus informasi dan globalisasi.

Dosen Universitas Ibrahimy Situbondo, Shokhibul Mighfar mengatakan, bagi masyarakat yang majemuk seperti Indonesia, tentu tidak mudah saat berinteraksi di ruang digital. Namun ada solusi mengatasinya, masyarakat harus memiliki pemahaman akan budaya bermedia digital.

"Budaya bermedia digital meliputi kemampuan individu untuk membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa, dan membangun wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari," katanya saat di Kediri, Jawa Timur pada Kamis (4/8).

Pemahaman akan nilai-nilai Pancasila mengandung di dalamnya nilai budi pekerti luhur yang sesuai dengan jati diri bangsa, seperti cinta kasih, kesetaraan, toleransi, nilai harmoni mengutamakan kepentingan bangsa, saling menghargai serta gotong-royong. Menurutnya Jati diri bangsa Indonesia di dalam ruang budaya digital tak berbeda dengan budaya non digital. Sehingga jangan karena adanya digitalisasi budaya maka berbeda.

"Jangan lupakan tata krama menggunakan internet. Meskipun tidak bertatap muka langsung, namun sebenarnya setiap pengguna sedang berinteraksi dengan karakter manusia lainnya," katanya lagi. (OL-12)

 

Baca Juga

Freepik.com

Teknologi Digital Bisa Jadi Alat Promosi Multikulturalisme Indonesia ke Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 20:58 WIB
“Dengan teknologi digital yang kian maju, kita bisa mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia. Apa saja yang dipromosikan? Banyak...
Freepik.com

Simak, Ini Tips Maksimalkan Pemasaran Lewat E-Commerce

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 20:00 WIB
Di sisi lain, platform tersebut juga membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan pasar yang lebih luas atas...
DOK MI.

Perkuat Keamanan Infrastruktur Data Center untuk Ekonomi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 17:15 WIB
Mordor Intelligence menyatakan pasar data center Indonesia pada 2021 mencapai US$1,67 miliar dan diperkirakan mencapai US$3,43 miiliar pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya