Selasa 19 April 2022, 20:58 WIB

Startup ini Berikan Solusi Pengelolaan Administrasi Pusat Kebugaran Secara Digital 

Mediaindonesia.com | Teknologi
Startup ini Berikan Solusi Pengelolaan Administrasi Pusat Kebugaran Secara Digital 

Dok. Fitquartes
Aplikasi Fitquarters

 

SEMAKIN pulihnya aktivitas masyarakat saat ini membuat banyak sektor yang juga kembali bangkit dari keterpurukan, salah satunya. bisnis pusat kebugaran yang terus tumbuh, Menurut catatan Global Wellness Institute, ekonomi industri kebugaran dunia pada 2019 tumbuh dengan rekor tertinggi hingga US$4,9 triliun namun turun 11% menjadi US$4,4 triliun di saat awal pandemi.  

Namun, sejalan dengan terjadinya perubahan kebiasaan masyarakat ke digital dan juga perhatian mereka terhadap kesehatan di masa pandemi, ekonomi industri kebugaran diprediksi akan meningkat signifikan sebesar 10% per tahunnya pada 2025 atau akan mencapai US$7 triliun. Tentunya hal ini dapat terjadi jika pelaku industri seperti pusat kebugaran konvensional dapat beradaptasi dengan kebutuhan digital masyarakat saat ini. 

Situasi ini dimanfaatkan Fitquarters, salah satu usaha rintisan (startup) buatan anak bangsa pertama yang memberikan solusi dalam pengelolaan gym (pusat kebugaran) secara digital. Fitquarters mencoba untuk menjadi penghubung kesenjangan digital di bisnis pusat kebugaran di Indonesia. Saat ini hampir 90% pusat administrasi kebugaran lokal masih beroperasi menggunakan kertas atau pencatatan manual lainnya.   

Founder Fitquarters Friman Ardiansyah mengungkapkan, ada 3 masalah utama di industri pusat kebugaran di Indonesia. Pertama, adalah pengelolaan membership yang masih dilakukan secara manual dan tidak memiliki database terpusat. Kedua, pengelolaan kelas dan staff yang tidak memiliki keterangan tentang jadwal dan kapasitasnya. 

Baca juga : ABB Kuatkan Digitalisasi Proses Manufaktur dan Industri Proses

"Lalu yang terakhir adalah pengelolaan keuangan, banyak pusat kebugaran yang tidak berkembang karena kesulitan dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran. Fitquarters hadir dengan platform digital yang memudahkan pelaku bisnis untuk menyelesaikan masalah tersebut," ujarnya. 

Founder Olympus Lifting Club Rian Ravelli, yang merupakan pengguna Fitquarters mengatakan, sebelumnya semua administrasi keanggotaan (membership) di gym dicatat secara manual, sering sekali terjadi kesalahan yang dilakukan oleh team. 

"Setelah gunakan Fitquraters semuanya menjadi digital, Tingkat kesalahan juga menurun drastis. Fitur payroll sangat membantu untuk gym yang menggunakan konsep kelas. Lewat fitquarters semuanya jadi lebih mudah dan akurat," jelasnya. 

Produk Fitquarters terbagi menjadi Basic, Premium dan Enterprise sesuai dengan fitur kebutuhan gym/studio. Fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi adalah Business dashboard, Member Management, Staff Management, Staff Payroll, Class Scheduling & Online Booking, Member App, Reporting Tools dan juga POS (Point-of-Services). (RO/OL-7)
 

Baca Juga

DOK Pribadi.

31 Desain Laptop Gunakan Prosesor Teranyar Intel

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:19 WIB
Keluarga prosesor 12th Gen Intel Core mobile meliputi prosesor U- dan P-series mobile...
Ist

Aplikasi Investasi Bibit.id Raih Pendanaan Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:15 WIB
Bibit, salah satu aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, mengumumkan telah meraih pendanaan sebesar lebih dari USD 80...
Ist

Speaker JBL EON700 Terbaru Dukung Kebutuhan Musisi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:02 WIB
Seri EON700 Portable PA Loudspeaker dan Subwoofer dengan Bluetooth ini merupakan evolusi terbaru dari seri EON yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya