Senin 21 Februari 2022, 20:04 WIB

Mengenal Lebih Jauh Cryptocurrency

Budi Ernanto | Teknologi
Mengenal Lebih Jauh Cryptocurrency

AFP/INA FASSBENDER
Koin replika mata uang kripto.

 

AKHIR-akhir ini semakin banyak masyarakat yang tertarik dengan cryptocurrency. Pada dasarnya cryptocurrency merupakan mata uang digital atau virtual yang dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin bisa dipalsukan ataupun digandakan.

Menurut Cryptomedia melalui akun twitter.com/Cryptomedia_id di Twitter, 
cryptocurrency adalah jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain atau buku besar terdistribusi yang diberlakukan oleh jaringan komputer yang berbeda).

Ciri khas dari cryptocurrency adalah yaitu mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat, membuat mereka secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi dari pemerintah. Crypto sendiri "mengacu pada berbagai algoritma enkripsi dan teknik kriptografi yang melindungi entri ini, seperti enkripsi kurva elips, public-private key pairs, dan fungsi hashing.

Jenis cryptocurrency
Dilansir dari Cryptomedia melalui situs cryptomedia.id bahwa cryptocurrency berbasis blockchain yang pertama muncul adalah Bitcoin yang hingga kini masih menjadi yang paling populer dan menjadi primadona serta paling berharga.

Seiring perkembangan waktu, saat ini sudah terdapat ribuan mata uang kripto alternatif dengan berbagai fungsi dan spesifikasi. Ada beberapa mata uang kripto yang bersaing yang lahir dari kesuksesan Bitcoin, yang dikenal sebagai altcoin, diantaranya adalah Litecoin, Peercoin serta Namecoin, Ethereum, Cardano, dan EOS.

Baca juga: OJK Tegaskan Tidak Larang Perdagangan Kripto, Hanya Khawatir Disalahgunakan

Disinyalir hingga saat ini, nilai keseluruhan dari semua cryptocurrency yang ada adalah sekitar $ 214 miliar — dimana Bitcoin saat ini mewakili lebih dari 68% dari total nilai.

Untung dan rugi
Beberapa kalangan menganggap cryptocurrency menjanjikan kemudahan dalam mentransfer dana secara langsung antara dua pihak dan tanpa perlu pihak ketiga yang terpercaya seperti misalnya bank atau perusahaan kartu kredit.

Namun ada juga kerugiannya, karena sifat semi-anonim transaksi cryptocurrency membuatnya terkadang disalah gunakan untuk sejumlah kegiatan ilegal, misalnya untuk sarana pencucian uang dan juga penggelapan pajak. 

Trading Crypto
Semakin banyak dan berkembangnya mata uang crypto, banyak juga kalangan yang menggunakan trading crypto sebagai sarana untuk mendapatkan cuan. Namun hal ini perlu ilmu yang mencukupi agar nantinya tidak malah rugi bahkan bangkrut gara gara bermain trading crypto.

Sebaiknya pelajari dulu ilmu crypto sebelum terjun sebagai pelaku bisnis trading crypto, banyak sekali forum yang bisa digunakan untuk mempelajari tentang ilmu crypto, salah satunya grup @komunitascryptomedia yang bisa digunakan sebagai salah satu tempat untuk menimba ilmu mengenai dunia cryptocurrency. (R-3)

Baca Juga

Dok. Woilo

Platform Medsos asal Surabaya Ini Hadirkan Fitur yang Mudahkan Membuat NFT

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 18:23 WIB
Para pengguna Woilo hanya perlu mengunggah konten mereka di Woilo seperti mengunggah foto pada media sosial pada umumnya dan Woilo akan...
Dok. Protergo

Lindungi Pengguna Ponsel dari Serangan Siber, Protergo Luncurkan Aplikasi Sentinel

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:58 WIB
Co-Founder PT Protergo Siber Sekuriti Marco Cioffi mengatakan, Sentinel dapat mendeteksi dan menganalisis virus secara real-time dan...
DOK Pribadi.

TKDN Hadirkan Teknologi Verifikasi Tiket Suara Pertama di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:14 WIB
Tidak seperti kode QR, waktu yang diperlukan untuk melakukan verifikasi hanya membutuhkan waktu kurang dari 1,5...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya