Sabtu 21 Agustus 2021, 15:10 WIB

Pencapaian Domain .id Menandai Kehadiran Digital di Tanah Air

Budi Ernanto | Teknologi
Pencapaian Domain .id Menandai Kehadiran Digital di Tanah Air

DOK IST
Pandi Meeting 12 digelar pada Sabtu (21/8)

 

PENGELOLA nama Domain Internet Indonesia (Pandi) mencatat jumlah pengguna domain .id paling banyak di Asia Tenggara. Torehan itu membuat domain .id mengalahkan domain .vn yang berasal dari Vietnam.

Menurut Ketua Pandi Yudho Giri Sucahyo pencapaian jumlah domain .id menandai kehadiran digital di Tanah Air.

"Itu sesuai dengan tema Pandi Meeting 12, yakni Langkah Kemajuan atas Kehadiran dan Ketahanan Digital Bangsa Indonesia. Dalam meeting kali ini juga akan dibahas target-target selanjutnya," kata Yudho saat pembukaan Pandi Meeting 12, Sabtu (21/8).

Yudho menambahkan Pandi Meeting masih akan bisa diikuti pada Jumat (27/8). Rencananya juga akan kembali digelar beberapa rangkaian workshop yang membahas isu seputar investasi digital dan domain name dispute resolution.

Baca juga: Ini 5 Tips Aman Berinternet dengan WiFi Publik

Terkait pencapaian, Ketua APJI Jamalul Izza juga berpesan bahwa penetrasi pengguna internet di Tanah Air mengalami peningkatan. "Pengguna internet di Indonesia banyak di Pulau Jawa, dalam kondisi pandemi covid-19, kita harus bertransformasi digital. Kita harus hadapi ini, kondisi ini harus ditunjang infrastruktur," kata Jamalul.

"Internet sangat dibutuhkan, koneksi harus stabil dan bagus untuk masyarkat. Apalagi sekarang sekolah digelar secara online, juga bekerja, dan kegiatan lainnya," kata Jamalul.

Sementara Agus Sartono, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK mengharapkan, interaksi para peserta di Pandi Meeting dapat menghasilkan terobosan bermanfaat bagi Indonesia utuk menghadapi perubahan digital. (R-3)

Baca Juga

AFP/Lionel BONAVENTURE

Ini Cara Ganti No Whatsapp/WA agar Kontak Tetap Bisa Dihubungi

👤Abdullah Aziz Rajudin 🕔Rabu 08 Desember 2021, 12:30 WIB
Agar tidak kehilangan data percakapan, WhatsApp sebenarnya mengizinkan para penggunanya mengganti nomor ponsel yang telah terintegrasi...
AFP/Olivier DOULIERY

TikTok Umumkan Tren Konten di Indonesia Sepanjang 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Desember 2021, 10:45 WIB
Platform tersebut merangkum 10 besar konten terpopuler yang telah diproduksi para kreator yang terbagi dalam 10 kategori, baik konten yang...
Ist

Kamera Cerdas Tapo C200 Bisa Pantau dan Perangkat Bicara Dua Arah 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 18:53 WIB
Tapo C200 adalah smart wi-fi camera yang dapat difungsikan sebagai IP Camera sekaligus alat untuk berkomunikasi dua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya