Jumat 06 Januari 2023, 20:18 WIB

Tak Mampu Menang di Kandang Sendiri, Shin Tae-yong Masih 'Pede' ke Final

Dhika kusuma winata | Sepak Bola
Tak Mampu Menang di Kandang Sendiri, Shin Tae-yong Masih

MI/BRIYANBODO HENDRO
Shin Tae-yong

 

PERTEMUAN pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam di Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (6/1), berakhir tanpa pemenang. Skuad Garuda ditahan 0-0 dalam laga yang berjalan intens dan menguras emosi.

Meski keuntungan ada di kubu Vietnam karena leg kedua dimainkan di Hanoi, Senin (9/1) mendatang, pelatih Shin Tae-yong tak khawatir soal mental skuad Garuda.

Shin meyakinkan timnas sekarang punya modal mentalitas yang lebih baik. Ia optimistis Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan siap tahan banting di leg kedua untuk berjuang merebut tiket final di depan hadapan publik Vietnam.

"Seperti apa yang dibicarakan kemarin, saya memilih para pemain saat ini yang berlatih (bersama) satu tahun lebih. Jadi tolong diketahui (timnas) Indonesia saat ini bukan seperti yang dulu. Secara mental dan fisik semuanya berbeda jadi tidak perlu dikhawatirkan bermain tandang," kata Shin seusai laga.

"Saya akan mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin. Hasil pertandingan yang akan berbicara nanti. Jadi lihat saja nanti," ucap pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

Permainan keras ditampilkan Vietnam. Beberapa kali tekel pemain Vietnam memancing protes, salah satunya ketika Doan Van Hau selamat dari hukuman kartu usai mengangkat dua kakinya ke Dendy Sulistyawan.

Baca juga: Ditahan Vietnam, Timnas Indonesia Hadapi Tugas Sulit Di Hanoi

"Memang semua keputusan dari wasit. Memang bisa jadi kartu merah jika lihat videonya tapi itu bagian dari pertandingan jadi saya sulit mengomentarinya," ucap Shin.

Shin menyayangkan di laga kandang tak bisa memetik kemenangan. Meski ada beberapa peluang yang tidak bisa dikonversi menjadi gol, Shin menilai tim bekerja maksimal.

Dua tembakan mengarah ke gawang dihasilkan Indonesia. Peluang emas didapat Marselino Ferdinan di babak pertama namun sepakannya dibendung kiper Van Lam.

Shin baru menyegarkan lini depan di penghujung laga memasukkan Ilija Spasojevic, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani. Hanya saja, ketiganya belum bisa berbuat banyak karena terlalu sempitnya waktu.

"Tidak mudah juga lawan Vietnam, teman-teman sudah bekerja keras. Ini masih ada leg kedua dan kita akan berjuang untuk ke final," kata Fachruddin mengomentari hasil laga.

Di kubu Vietnam, pelatih Park Hang-seo puas atas hasil imbang tersebut lantaran sesuai target untuk tidak kalah di leg pertama. Ia yakin Vietnam bisa lebih kuat lagi di pertemuan kedua.

"Anak-anak bermain dengan semangat tinggi. Walau tidak menang kami mencapai target kami," ujarnya.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Polda Jabar izinkan Persib Pakai Stadion GBLA saat Jamu PSS

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:30 WIB
Adapun Persib akan menghadapi PSS pada Minggu (5/2) di Stadion GBLA. Rencananya pertandingan itu digelar pada pukul 15.00...
Dok PSSI

Thomas Doll Janjikan Waktu Bermain untuk Witan Sulaeman

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:00 WIB
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll menjanjikan waktu bermain untuk Witan Sulaeman yang menjadi rekrutan anyar tim Macan...
AFP/BEN STANSALL

Graham Potter Butuh Waktu Padukan Skuad Mahal Chelsea

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 10:40 WIB
Manajer Chelsea Graham Potter meminta waktu untuk menyatukan bintang barunya setelah The Blues ditahan imbang 0-0 di kandang oleh Fulham,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya