Senin 28 November 2022, 10:58 WIB

Enner Valencia Kembali Bersinar di Piala Dunia

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Enner Valencia Kembali Bersinar di Piala Dunia

AFP/Jewel SAMAD
Penyerang Ekuador Enner Valencia

 

PENYERANG Ekuador Enner Valencia sangat menyukai Piala Dunia. Pasalnya, setiap kali tampil di pesta sepak bola sejagad itu, Valencia selalu bersinar.

Nama striker berusia 33 tahun itu mulai dikenal di Piala Dunia 2014 di Brasil, saat dia mencetak tiga gol di babak penyisihan grup ke gawang Swiss dan Honduras meski akhirnya Ekuador tersingkir.

Delapan tahun kemudian, di laga pembuka Piala Dunia 2022, 20 November lalu, Valencia merusak pesta tuan rumah Qatar dengan mencetak dua gol saat Ekuador menang. Dia seharusnya bisa mencetak hattrick namun satu golnya dianulir.

Baca juga: Belanda dan Ekuador Berebut Tempat di 16 Besar Piala Dunia

Eksekusi penalti Valencia ke gawang Qatar menjadikannya sebagai pencetak gol pembuka Piala Dunia termuda sepanjang masa.

Ekuador kemudian bermain imbang 1-1 melawan Belanda di laga berikutnya dengan Valencia kembali menjadi pencetak gol, membuktikan dia selalu bersinar di ajang Piala Dunia.

Saat ini, Valencia adalah pencetak gol terbanyak sementara Piala Dunia 2022 dengan mengantongi tiga gol sama dengan torehan gol penyerang Prancis Kylian Mbappe.

"Kami tahu betapa jebat kapten kami. Dia selalu berusaha memperbaiki diri," ujar bek kiri Ekuador Pervis Estupinan.

Valencia merupakan pemain keempat yang berhasil mencetak senam gol secara berturut-turut di Piala Dunia setelah pemain legendaris Portugal Eusebio, penyerang Italia Paolo Rossi, dan striker Rusia Oleg Salenko.

Meski di Piala Dunia 2022 ini pelatih Ekuador Gustavo Alfaro banyak memainkan pemain muda, termasuk Moises Caicedo, Estupinan, dan Jeremy Sarmiento, Valencia tetap menjadi andalan.

Mengawali karier sebagai gelandang, Valencia kini menjadi sumber gol Ekuador dan saat ini merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang massa negara itu dengan 38 gol.

Menjelang Piala Dunia 2022, Valencia paceklik gol dengan hanya mencetak satu gol dari delapan laga. Namun, saat Piala Dunia 2022 bergulir, keran gol Valencia mengalir lagi.

Kini, yang menjadi kekhawatiran Ekuador adalah Valencia harus digantikan di laga melawan Qatar dan Belanda karena masalah lutut.

"Saya menjalani pemeriksaan dan diketahui lutut saya terkilir. Itu sangat mengganggu saya," ujar Valencia sebelum laga melawan Belanda.

"Saya bermain di tengah rasa sakit karena yang terpenting adalah membantu tim meraih kemenangan."

"Lutut saua terus membaik dan saya berharap bisa bermain melawan Senegal," lanjutnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Ten Hag Enggan Berkomentar Soal Masa Depan Greenwood

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:57 WIB
PELATIH Manchester United, Erik ten Hag enggan memberikan komentar terhadap masa depan Mason...
AFP

Guardiola Ungkap Alasan Pinjamkan Cancelo Ke Bayern Muenchen

👤Widhoroso 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:56 WIB
PELATIH Manchester City, Pep Guardiola akhirnya mengungkap alasan dirinya melepas Joao Cancelo ke Bayern Muenchen dengan status...
Kirill KUDRYAVTSEV / AFP

Messi Masih Berkeinginan main di Piala Dunia 2026

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:54 WIB
Pelatih Argentina Lionel Scaloni mengungkapkan ia akan senang dengan partisipasi Messi di 2026, dan dinilai masih cocok dan mumpuni untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya