Selasa 22 November 2022, 17:21 WIB

Era Baru La Roja Dimulai

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Era Baru La Roja Dimulai

JAVIER SORIANO / AFP
Tim Sepak Bola Spanyol tengah menjalani latihan di Universitas Qatar, Doha, Qatar.

 

SEBUAH era baru Timnas Spanyol akan dimulai menghadapi Kosta Rika dalam laga Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11). Diisi generasi pemain muda berbakat, La Roja--julukan Timnas Spanyol-- bertekad mengembalikan kejayaan untuk memenangkan gelar dunia kedua di Qatar.

Banyak veteran seperti Sergio Ramos, Gerard Pique dan David Silva sudah meninggalkan skuad La Roja. Sebaliknya, pelatih Spanyol Luis Enrique bertaruh pada pemain-pemain muda seperti Pedri yang berusia 19 tahun, Ansu Fati dan Nico Williams yang berusia 20 tahun, dan Gavi yang berusia 18 tahun.

"Saya pikir seluruh tim memikul tanggung jawab. Saya tidak merasa menjadi bintang tim nasional hanya karena saya berada di papan reklame di Doha. Saya fokus untuk bermain, berada dalam kondisi pikiran yang baik dan membantu sebanyak mungkin tergantung pada apa yang diminta pelatih dari saya," kata Pedri.

Spanyol merupakan tim yang diisi skuad termuda ketiga di antara 32 negara peserta dengan usia rata-rata 25,3 tahun, setelah Amerika Serikat dan Ghana. Lebih dari separuh skuad berusia 25 tahun atau lebih muda, dengan enam pemain berusia 20 tahun atau lebih muda yang bermain di Piala Dunia pertama tahun ini.

“Yang paling membuat saya terkejut adalah keberanian mereka, cara mereka bermain dan tidak bingung,” kata bek Cesar Azpilicueta , salah satu pemain paling veteran dalam tim bersama Jordi Alba dan Sergio Busquets. Busquets adalah yang tertua di usia 34 tahun dan satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Baca juga: Samurai Biru Lupakan Pertemanan dengan Jerman

Dalam satu dekade terakhir setelah menjadi kampiun, ada kecenderungan kualitas Spanyol menurun. Di Piala Dunia 2014 mereka terhenti di fase grup dan di Piala Dunia 2018 hanya finis di babak 16 besar. Untuk itu, laga melawan Kosta Rika di awal fase grup akan menumbuhkan kepercayaan diri sebelum melawan tim kuat lainnya seperti Jerman dan Jepang.

Spanyol perlu mewaspadai kejutan yang bisa dibuat Kosta Rika yang membawa kembali beberapa pemain dari Piala Dunia bersejarahnya pada 2014 di Brasil yang mampu lolos ke perempat final.  Di antara mereka adalah beberapa pemain yang pernah berlaga di LaLiga Spanyol seperti mantan penjaga gawang Real Madrid Keylor Navas dan striker Joel Campbell yang pernah bermain di bersama Villarreal dan Real Betis.

"Mereka (Kosta Rika) memiliki banyak pengalaman di Piala Dunia. Mereka melakukan pekerjaan dengan baik dan pengalaman itu bisa memberi mereka kepercayaan diri untuk tampil baik dan melangkah jauh di Piala Dunia Qatar," kata Cesar Azpilicueta.

Meski bukan tim status unggulan, Kosta Rika yang dilatih Luis Fernando Suarez, mempunyai catatan manis sebelum terjun ke Qatar. Dalam laga uji coba pada November lalu, Keylor Navas dkk menumbangkan Nigeria dengan skor 2-0. Mereka hanya kalah sekali dari 13 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

“Kami tidak datang hanya untuk berkompetisi anggota skuat 2014 lainnya. Kami ingin mengulangi apa yang kami lakukan di Brasil," kata gelandang Yeltsin Tejeda. (Sportsmole/AFP/OL-4)

Baca Juga

AFP

Sepakat Gabung Ke Al Nassr, Ronaldo Akan Terima Gaji Rp3,2 Triliun Per Tahun

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 18:13 WIB
KAPTEN timnas Portugal, Cristiano Ronaldo dikabarkan telah menerima pinangan klub Arab Saudi, Al...
 JACK GUEZ / AFP

Belgia Berupaya Pulihkan Kepercayaan Diri di Tengah isu Keretakan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 30 November 2022, 17:15 WIB
Ditengah ambisi Belgia memetik kemenangan dari Kroasia, isu keretakan di dalam internal Belgia justru...
JUAN MABROMATA / AFP

Argentina Akui Laga Melawan Polandia Akan Berjalan Alot

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 30 November 2022, 16:09 WIB
Dia menaksir pertandingan melawan Polandia itu sebagai laga yang berat karena tangguh dalam bertahan namun juga pandai memanfaatkan peluang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya