Sabtu 12 Februari 2022, 11:33 WIB

Batal Berlaga di Piala AFF U-23, Minta Timnas Indonesia Diminta Tetap Semangat

 Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Batal Berlaga di Piala AFF U-23, Minta Timnas Indonesia Diminta Tetap Semangat

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang batal berlaga di Piala AFF U-23 untuk tetap semangat. Menpora Amali yakin skuat Garuda bisa bangkit, sebab masih banyak kejuaraan yang akan dihadapi kedepannya.

"Kesempatan bertanding kedepan masih banyak. Mereka ini akan dipersiapkan untuk event-event selanjutnya. Saya harap mereka tetap semangat, masih banyak kesempatan yang akan diikuti," kata Zainudin dalam siaran persnya yang diterima, Sebatu (12/2).

Seperti diketahui, Timmas Indonesia U-23 batal terbang ke Kamboja untuk mengikuti kejuaraan Piala AFF U-23 yang digelar pada 14-26 Februari mendatang.  Hal tersebut disebabkan kekurangan pemain karena beberapa diantaranya dinyatakan positif Covid-19 dan cedera.

Dalam laporannya, PSSI menyebut ada tujuh pemain Timnas U-23 yang terpapar covid-19. Mereka adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Baca juga: PSSI: Mundur dari Piala AFF U-23 Merupakan Usul Shin Tae-yong

Sementara empat pemain lainnya menunggu masa inkubasi karena sekamar dengan mereka yang terpapar COVID-19, yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Disamping itu, sejumlah pemain juga mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1 2021/2022 diantaranya Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Batalnya mengikuti Piala AFF U-23 membuat Shin Tae-yong kehilangan satu agenda bersama timnas Indonesia. Kendati demikian, pelatih asal Korea Selatan itu setidaknya masih dihadapkan dengan sejumlah agenda penting lainnya.

Beberapa jadwal yang akan dihadapi timnas Indonesia sepanjang 2022 adalah SEA Games, Asian Games, Piala AFF, serta Kualifikasi Piala Asia 2023, dan lainnya.

Menpora Amali yakin mental dari para pemain sudah terlatih untuk menghadapi situasi seperti sekarang ini. Disamping itu, Menpora Amali berharap para pemain yang terpapar Covid-19 bisa segera pulih.

“Saya harap anak-anak (pemain timnas Indonesia) bisa bangkit dan mempersiapkan diri lebih baik lagi. Semoga cepat pulih, sehat dan bugar. Saya sudah minta PSSI untuk konsentrasi memulihkan kesehatan pemain,” jelas Zainudin.

Keputusan yang diambil PSSI serta pelatih Shin Tae-yong memilih untuk tidak ambil bagian dalam ajang ini dapat dipahami Zainudin. menurutnya saat ini kesehatan dan keselamatan adalah hal yang paling utama.

“Situsi sekarang masih dalam pandemi Covid-19. Saya memahami keputusan yang diambil federasi dan pelatih. Pasti hal ini sudah dipikirkan dengan matang. Saya kira kesehatan dan keselamatan yang utama,” Tukas Zainudin. (Rif/Kemenpora/OL-09)

Baca Juga

PSSI

Shin Tae-yong Fokus Perbaiki Fisik Timnas U-19

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:29 WIB
Tim U-19 Indonesia mulai melakukan uji coba pada pemusatan latihan di Stadion Madya GBK,...
AFP

Bagnaia Raih Posisi Terdepan di Sirkuit Assen

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:58 WIB
Pole position ini menjadi yang keempat kali diraih pembalap asal Italia itu sepanjang musim...
Antara

Madura United: Barito Putera Solid Kawal Lini Pertahanan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:52 WIB
Dalam laga kontra Barito Putera, tim Madura United kembali gagal meraih kemenangan perdana, setelah melalui dua pertandingan dengan hasil...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya