Senin 15 November 2021, 05:50 WIB

Morata Antar Spanyol Raih Tiket ke Piala Dunia 2022

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Morata Antar Spanyol Raih Tiket ke Piala Dunia 2022

AFP/JORGE GUERRERO
Penyerang Spanyol Alvaro Morata (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Swedia di laga kualifikasi Piala Dunia.

 

ALVARO Morata mengantarkan timnas Spanyol ke Piala Dunia 2022 seusai gol semata wayangnya mengunci kemenangan 1-0 atas Swedia dalam laga pemungkas Grup B kualifikasi zona Eropa di Stadion La Cartuja, Sevilla, Senin (15/11) dini hari WIB.

Morata membuat kelolosan Spanyol itu cukup dramatis sebab penyerang Juventus itu baru mencetak golnya, empat menit jelang bubaran waktu normal.

Berawal dari tembakan jarak jauh spektakuler Dani Olmo, yang membentur mistar gawang, bola muntah berhasil disambar secara sigap oleh Morata untuk memperdaya kiper Robin Olsen dengan sontekan jarak dekat.

Baca juga: Kalahkan Portugal, Serbia Lolos ke Piala Dunia

Kemenangan itu pantas diraih Spanyol yang memang tampil dominan dengan 72% penguasaan bola sepanjang laga dan melepaskan 12 percobaan tembakan, yang empat di antaranya menemui sasaran.

Swedia bukannya tanpa perlawanan, sebab mereka berusaha delapan kali melakukan delapan tembakan tapi sayang tidak satu pun tepat sasaran ke gawang tuan rumah.

Hanya butuh hasil imbang untuk mengunci tiket putaran final, Spanyol memantapkan langkah mereka dengan menjuarai Grup D berbekal koleksi 19 poin.

Sementara Swedia finis sebagai runner-up Grup D dengan 15 poin dan harus melalui fase playoff bila ingin menyusul Spanyol ke Qatar.

Dalam rangkaian pertandingan pemungkas Grup B lainnya, tuan rumah Yunani ditahan imbang Kosovo 1-1 di Stadion Olimpiade Athena.

Yunani memimpin lebih dulu, semenit jelang turun minum, lewat gol Giorgos Masouras, tetapi tim tamu mampu membalas lewat sontekan jarak dekat Amir Rrahmani pada menit ke-76.

Kendati demikian, posisi kedua tim tidak berubah di klasemen akhir Grup D. Yunani menempati urutan ketiga dengan 10 poin dan Kosovo tetap sebagai juru kunci dengan lima poin.

Fase playoff yang akan diikuti Swedia dijadwalkan berlangsung pada Maret tahun depan, memperebutkan tiga sisa tiket kuota zona Eropa ke Piala Dunia 2022. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Vincenzo PINTO

Chelsea Ingin Boyong Perisic dari Inter Milan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 19 Januari 2022, 09:30 WIB
Langkah Chelsea untuk memboyong Perisic dilakukan untuk menanggulangi absennya bek sayap Ben Chilwell, yang harus absen hingga akhir musim...
Twitter @OfficialUSS1919

Salernitana Diganjar Pemotongan Poin dan Dinyatakan Kalah 3-0 dari Udinese

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 19 Januari 2022, 08:00 WIB
Tim promosi, yang saat ini berada di dasar klasemen Serie A, dilarang bertolak ke kandang Udinese pada Desember lalu oleh otoritas...
AFP/Kenzo Tribouillard

Wasit Perempuan Asal Rwanda Cetak Sejarah di Piala Afrika

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 19 Januari 2022, 06:44 WIB
Mukansanga mencetak sejarah setelah 32 edisi Piala Afrika, yang digelar sejak 1957, wasit yang memimpin pertandingan selalu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya