Rabu 23 Juni 2021, 09:55 WIB

Inggris tak Gentar Hadapi Tim Grup Neraka

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Inggris tak Gentar Hadapi Tim Grup Neraka

AFP/JUSTIN TALLIS
Timnas Inggris

 

LOLOSNYA Inggris sebagai juara Grup D berpotensi terjadi final kepagian di Wembley pada 29 Juni. The Three Lions, julukan timnas Inggris, akan berhadapan dengan runner up grup F, yang disebut-sebut sebagai 'grup neraka'.

Prancis, Jerman, dan Portugal berpotensi menjadi lawan Inggris di babak 16 besar nanti.

Pelatih Inggris Gareth Southgate mengaku tak gentar siapapun tim yang akan menjadi lawannya. Justru ia sangat antusias jika berkesempatan bertemu tim raksasa Eropa di babak 16 besar.

"Untuk memenangkan turnamen anda memang harus mengalahkan tim-tim seperti itu. Kami ingin memastikan kami mampu memenangkan grup dan terus bertahan di Stadion Wembley," kata Southgate.

"Memenangkan grup berarti sangat bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri dan juga bagi para penggemar untuk melihat kami kembali di babak berikutnya," tambahnya.

Inggris berhasil menyegel posisi puncak klasemen Grup D setelah berhasil mengalahkan Republik Ceko 1-0 lewat gol Raheem Sterling di laga penentuan, Rabu (23/6) dini hari WIB.

"Kami memulai dengan sangat baik, kami stabil dengan atau tanpa bola dan merupakan penghargaan besar bagi para pemain," ujar Southgate.

Baca juga: Southgate Optimistis Inggris akan Tampil Lebih Baik di 16 Besar

Pelatih Republik Ceko Jaroslav Silhavy menyebut Raheem Sterling dan Bukayo Saka menjadi pemain Inggris yang paling merepotkan barisan pertahanan timnya.

Kecepatan dua pemain ini menjadi momok buat pertahanan timnnya. Di laga tersebut, pelatih timnas Inggris Gareth Southgate memang menempatkan Sterling dan Saka sebagai pemain sayap. 

"Saat Saka dan Sterling berlari sambil menggiring bola, sangat sulit buat kami untuk bisa menghentikan mereka. Untuk gol yang berhasil mereka ciptakan, kami tidak melakukan penjagaan sama sekali terhadap Sterling. Kami sebenarnya berupaya mengantisipasi gol cepat Inggris, tapi mereka tetap berhasil melakukannya,'' kata Silhavy.

Kegagalan memetik poin di laga ini membuat Ceko harus puas mengakhiri penyisihan Grup D di peringkat ketiga. Tomas Soucek dan kawan-kawan hanya mengumpulkan empat poin dari tiga laga, hasil dari satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu hasil kekalahan.

Kendati finish di peringkat ketiga, Ceko lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik di fase penyisihan grup. 

"Kami berhasil menjaga peluang lolos ke babak 16 besar setelah tampil di dua laga awal. Bahkan, di laga terakhir, kami bersaing dengan Inggris untuk memperebutkan posisi puncak klasemen. Kami harus melihat hal ini secara positif. Kami telah mencapai apa yang kami inginkan pada awal turnamen," ungkap Silhavy.(BBC/UEFA/OL-5).

Baca Juga

PSSI

Shin Tae-yong Fokus Perbaiki Fisik Timnas U-19

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:29 WIB
Tim U-19 Indonesia mulai melakukan uji coba pada pemusatan latihan di Stadion Madya GBK,...
AFP

Bagnaia Raih Posisi Terdepan di Sirkuit Assen

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:58 WIB
Pole position ini menjadi yang keempat kali diraih pembalap asal Italia itu sepanjang musim...
Antara

Madura United: Barito Putera Solid Kawal Lini Pertahanan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:52 WIB
Dalam laga kontra Barito Putera, tim Madura United kembali gagal meraih kemenangan perdana, setelah melalui dua pertandingan dengan hasil...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya