Minggu 13 Juni 2021, 11:53 WIB

Ambisi Skotlandia & Ceko Tampil Gemilang di Laga Perdana Euro 2020

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Ambisi Skotlandia & Ceko Tampil Gemilang di Laga Perdana Euro 2020

AFP/ANDY BUCHANAN/MICHAL CIZEK
Kombinasi foto pemain Timnas Skotlandia Andrew Robertson (kiri) dan pemain Timnas Ceko Tomas Soucek

 

DUEL antara dua kuda hitam di Grup D Piala Eropa 2020 (Euro 2020) yakni Skotlandia vs Ceko akan tersaji di Hampden Park Stadium, Glasgow, Skotlandia, Senin (14/6) malam WIB.

Bergabung bersama Kroasia dan Inggris di Grup D, Skotlandia dan Ceko sama-sama memiliki ambisi untuk memberikan kejutan di Euro tahun ini dengan harapan dapat melaju ke babak 16 besar.

Ini akan menjadi tahun pertama bagi Skotlandia untuk kembali bertarung di turnamen sepak bola dengan skala besar, terakhir saat mereka kalah 3-0 dari Maroko di Piala Dunia Prancis 1998.

Tim Nasional Skotlandia mencapai turnamen internasional pertamanya dalam 23 tahun terakhir dengan cara yang tidak mudah. Mereka harus memenangkan adu penalti di babak playoff National League melawan Israel dan Serbia.

Diperkuat oleh nama-nama pemain seperti Andy Robertson, Kieran Tierney, John McGinn, Scott McTominay, dan Stuart Armstrong, pelatih tim Skotlandia Stave Clarke berharap skuadnya dapat membuat kejutan di laga perdana mereka melawan Ceko.

"Ceko hadir sebagai penantang lain dengan Inggris dan Kroasia di Grup, yang juga akan mempengaruhi perjalanan kami di sini (Euro 2020)," kata Clarke dikutip dari laman resmi UEFA.

"Tapi saya cukup yakin dengan tim. Saya tidak peduli siapa yang akan saya pilih untuk pertandingan nanti, karena yakin mereka semua adalah pemain hebat," tuturnya.

"Saya berharap dalam pertandingan nanti mereka akan tampil fantastis untuk negara mereka. Sebagai seorang pelatih anda harus percaya bahwa pemain akan tampil maksimal pada setiap pertandingan," sambungnya.

Baca juga: Andy Robertson, dari Penjual Tiket Jadi Kapten Skotlandia

Skotlandia memiliki John McGinn dalam tim. Pemain berusia 26 tahun itu menjadi sumber gol paling andal bagi Clarke. McGinn telah mencetak 9 gol dalam 14 pertandingan terakhirnya untuk Skotlandia.

Selain McGinn, Andy Robertson yang memainkan peran penting dalam kemenangan Liverpool di Liga Premier dan Liga Champions beberapa tahun terakhir bersiap hadir sebagai Kapten tim, sedangkan Kieran Tierney dari Arsenal, serta Scot McTominay dari Manchester United, menjadi kekuatan lain untuk timnas Skotlandia.

Sementara itu, Ceko yang mengalami pertandingan kurang baik pada pertemuan terakhirnya dengan Skotlandia di UEFA Nations League musim gugur lalu, di mana Skotlandia memenangkan dua pertandingan mereka termasuk kemenangan 1-0 di Glasgow. Mengakui bahwa Skotlandia bukanlah lawan yang mudah, kini mereka bersiap untuk tampil lebih baik.

"Skotlandia adalah tim yang kokoh, tangguh, dan memiliki pertahanan yang baik, mereka juga sangat agresif di lapangan. Jadi kami harus bersiap dengan semua itu," ucap pelatih Ceko Jaroslav Silhavy.

"Dalam pertandingan terakhir kami melawan Skotlandia, kami memiliki banyak peluang yang tidak dimanfaatkan dengan baik, dan mereka menghukum kami dengan satu gol. Saya berharap pertandingan di Glasgow nanti akan menjadi milik kami," jelasnya.

Diperkuat deretan bintang sepak bola seperti Pavel Nedved, Karel Poborsky, hingga Vladimir Smicer, Semifinalis Euro 2004 itu tak bisa di pandang sebelah mata pada Euro tahun ini. Duo West Ham, Tomas Soucek dan Vladimir Coufal, yang tengah bersinar di Liga Inggris pada musim ini, digadang-gadang akan menjadi kekuatan lain untuk tim.

Tomas Soucek menjadi pemain yang perlu diwaspadai bagi lawan yang akan menghadapi Ceko, dengan torehan 10 gol di musim penuh pertamanya bersama The Hammers. Soucek kini menjadi salah satu ancaman terkuat di Liga Premier dari lini tengah.

Tomas Vaclik, yang akan meninggalkan Sevilla musim panas ini, kemungkinan akan menjadi kiper pilihan pertama tim, sedangkan gelandang klub Hertha Berlin Vladimir Darida dan striker Bayer Laverkusen Patrick Schick juga akan menjadi kekuatan lain dalam skuad asuhan Silhavy tersebut.(UEFA/OL-5)

Baca Juga

AFP/JORGE DURAN

Keluarga Sebut Maradona Ingin Dibangunkan Mousoleum

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 08:30 WIB
Keluarga mengatakan telah meminta pemerintah Buenos Aires agar membantu mereka menyediakan lahan untuk membangun Maradona Memorial  di...
AFP/Ammar Abd RABBO / Qatar Museum

Infantino Tuding Penentang Perubahan pada Piala Dunia Penakut

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 08:00 WIB
FIFA berencana untuk mengubah perhelatan Piala Dunia dari setiap empat tahun menjadi dua tahun...
AFP/Marco BERTORELLO

Italia dan Portugal Berada di Satu Jalur Undian Playoff Piala Dunia 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 07:00 WIB
Hal iut berarti salah satu dari Italia dan Portugal akan absen di Piala Dunia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya