Rabu 23 September 2020, 03:48 WIB

Peti Mati Kuno Terkubur 2.500 Tahun

BBC/Hym/X-7 | Sela
Peti Mati Kuno Terkubur 2.500 Tahun

MI/SENO
Ilustrasi

 

PARA arkeolog menemukan 27 sarkofagus atau peti mati yang terkubur lebih dari 2.500 tahun lalu di sebuah permakaman Mesir kuno.

Puluhan peti mati kuno tersebut ditemukan di dalam sumur yang baru ditemukan di situs suci di Saqqara, selatan ibu kota, Kairo.

Sebanyak 13 peti mati ditemukan awal bulan ini, tetapi 14 peti mati lainnya menyusul, kata para pejabat. Sejumlah ahli mengatakan penemuan itu sebagai salah satu yang terbesar dari jenisnya saat ini.

Gambar yang dirilis menunjukkan peti mati kayu diawetkan dengan baik dan artefak kecil lainnya dicat warna-warni. Saqqara ialah kuburan aktif selama lebih dari 3.000 tahun dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

“Studi awal menunjukkan peti mati itu benar-benar tertutup dan belum dibuka sejak dikuburkan,” kata Kementerian Kepurbakalaan Mesir dalam sebuah pernyataan, Sabtu (19/9). (BBC/Hym/X-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Berenang Di Masa Pandemi Aman kah?

👤Bagus Pradana 🕔Minggu 02 Mei 2021, 06:05 WIB
Hingga hari ini belum ada laporan maupun penelitian yang mampu memberikan bukti mengenai adanya penularan virus covid melalui media air...
MI/Duta

Singa Laut Jadi Prioritas

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 15 Januari 2021, 03:50 WIB
DUNEDIN, kota terbesar kedua setelah Christchurch, di pulau selatan, Selandia Baru, menutup jalan populer John Wilson Drive selama...
Dok. MI

Masker Sekali Pakai Ancam Satwa Liar

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 13 Januari 2021, 05:00 WIB
Di Malaysia misalnya, monyet terlihat mengunyah tali dari masker lama yang dibuang di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya