Jumat 17 Juli 2020, 05:49 WIB

Gen Nyamuk Betina Dapat Diubah Jadi Jantan

Van/ScienceDaily/X-7 | Sela
Gen Nyamuk Betina Dapat Diubah Jadi Jantan

Duta
Ilustrasi

 

PENELITI Virginia Tech telah membuktikan bahwa satu gen dapat mengubah nyamuk Aedes aegypti betina menjadi jantan. Aedes aegypti jantan tidak menggigit dan tidak dapat menularkan patogen ke manusia. Sebaliknya yang betina mampu menggigit serta menularkan penyakit zika dan demam berdarah pada manusia. “Kehadiran lokus penentu jantan (lokus M) menetapkan jenis kelamin jantan di Aedes aegypti dan lokus M hanya diwariskan oleh keturunan jantan, mirip dengan kromosom Y manusia,” kata Prof Zhijian Tu dari Departemen Biokimia di Fakultas Pertanian dan Biologi.

Menurutnya, memasukkan gen penentu jantan (nix) di lokus M Aedes aegypti ke wilayah kromosom yang dapat diwariskan oleh betina sudah bisa mengubah betina menjadi jantan subur.

Temuan yang dipublikasi dalam Proceedings of the National Academy of Sciences itu berimplikasi untuk mengembangkan teknik pengendalian nyamuk di masa depan. (Van/ScienceDaily/X-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Berenang Di Masa Pandemi Aman kah?

👤Bagus Pradana 🕔Minggu 02 Mei 2021, 06:05 WIB
Hingga hari ini belum ada laporan maupun penelitian yang mampu memberikan bukti mengenai adanya penularan virus covid melalui media air...
MI/Duta

Singa Laut Jadi Prioritas

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 15 Januari 2021, 03:50 WIB
DUNEDIN, kota terbesar kedua setelah Christchurch, di pulau selatan, Selandia Baru, menutup jalan populer John Wilson Drive selama...
Dok. MI

Masker Sekali Pakai Ancam Satwa Liar

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 13 Januari 2021, 05:00 WIB
Di Malaysia misalnya, monyet terlihat mengunyah tali dari masker lama yang dibuang di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya