Senin 25 April 2022, 15:30 WIB

Minuman Rempah Alternatif Pelepas Dahaga saat Puasa

Faustinus Nua | Ramadan
Minuman Rempah Alternatif Pelepas Dahaga saat Puasa

Antara
Ilustrasi

 

SEPANJANGbulan puasa Ramadan hingga Idul Fitri mendatang, masyarakat dimanjakan dengan beragam menu minuman berpemanis yang menggunakan sirup. Padahal, produk tersebut memiliki kandungan pemanis buatan yang akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Karena itu, dosen Prodi Pengobat Tradisional, Universitas Airlangga (Unair) Myrna Adianti menyarankan agar masyarakat mengganti minuman berpemanis buatan itu dengan minuman berbahan herbal.

"Salah satu bahan herbal yang memiliki segudang manfaat yaitu kencur, temulawak, jahe merah. Kencur ini banyak manfaatnya selain dibuat masakan, kencur bisa dibuat minuman untuk mengatasi sakit kepala atau migrain, dan pegal linu,” jelasnya seperti dikutip dari laman Unair, Senin (25/4).

Selain kencur, imbuh Myrna, temulawak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Temulawak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi letih dan lesu dan dapat dinikmati sebagai olahan sirup. "Namun untuk penderita penyakit gangguan pencernaan harus mendapatkan anjuran atau konsultasi ke dokter untuk mengkonsumsi temulawak sebagai bahan herbal," kata dia.

Mahasiswa Program Studi Pengobat Tradisional Unair Bunga Azka Salsabila Afandi, mengungkapkan bahwa masyarakat perlu diedukasi. Masyarakat perlu mendapat pemahaman terkait asuhan mandiri mengenai penggunaan herbal dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi gangguan muskuloskeletal.

"Selain itu ini juga membantu masyarakat untuk memiliki keterampilan berupa pengolahan herbal dengan cara yang lebih baik dan sesuai dengan standar operasional prosedur dan anjuran dari kemenkes,” ujar Bunga.

“Menjelang ramadhan biasanya orang-orang berbondong-bondong beli sirup makanya kita bahas materi sirup supaya masyarakat bisa bikin dan nanti pas lebaran konsumsi sirupnya sirup herbal,” tandasnya. (H-2)

 

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Rabu, 18 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN