Kamis 05 Januari 2023, 16:12 WIB

Sesal Richard atas Insiden Tewasnya Brigadir J

Khoerun Nadif Rahmat | Politik dan Hukum
Sesal Richard atas Insiden Tewasnya Brigadir J

ANTARA
Richard Eliezer.

 

PENYESALAN, perasaan tersebut menghinggapi terdakwa kasus tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat, Bharada E alias Richard Eliezer Pudihanglumiu.

"Menyesal Yang Mulia," jawab Richard saat dicecar pertanyaan oleh Ketua Majelis Hakim, Wahyu Iman Santoso di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Kamis (5/1). 

Baca juga: Omnibus Law Perppu Ciptaker Digugat Uji Formil ke MK

Sampai dalam proses persidangan bergulir, Richard mengaku masih merasa bersalah. Perasaan bersalah itu, Richard lontarkan kala kembali disodori pertanyaan oleh Ketua Majelis Hakim. 

"Terdakwa, setelah rangkaian atas peristiwa ini, apa yang saudara rasakan?," begitu tanya Hakim. 

"Saya masih merasa bersalah Yang Mulia," saut Richard. 

Lebih dalam, sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) pun melayangkan pertanyaan yang menyentuh afeksi Richard.

"Apa yang saudara pikirkan terhadap kesedihan dari pada keluarga korban tolong sampaikan di persidangan ini," tanya JPU. 

"(Diam sejenak) Saya sudah meminta maaf juga bapak ke keluarga korban, saya salah, saya tahu saya salah cuma saya juga bisa menjelaskan atas dasar apa saya melakukan hal itu," jawab Ricard. 

"Bahwa saya juga hanya disuruh sama pak sambo saya pada saat itu," imbuhnya.

Jika waktu dapat diputar kembali, kata Richard, mungkin Ia mampu menolak perintah Sambo untuk mengeksekusi Brigadir J. Tidak menarik pelatuk senapan Glock 17 yang pelurunya menghujam tubuh Brigadir J. 

"Saya juga sampai sekarang saya merasa kalau memang bisa dibalik, kalau bisa waktu bisa diputar kembali, mungkin enggak seperti ini juga keinginan saya," kata Richard. 

Ikut dalam persidangan tersebut, Ibunda dari Bharada E Rynecke Alma Pudihang dan Ayahanda Sunandag Yunus Lumiu. Kedua orang tua Richard menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan selama ini kepada putra mereka. 

"Pertama-tama Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang sudah mendukung Richard selama ini kami tidak bisa sebutkan satu persatu semua yang di luar sana," sebut Alma. 

Tak luput, Alma juga menyampaikan rasa duka kepada keluarga mendang Brigadir J. Ia mengaku apa yang dirasakan oleh keluarga Brigadir J, juga turut dirasakan olehnya. 

Alma, juga berterima kasih kepada Tuhan sebab telah dipertemukan dengan orang tua dari Brigadir J, Rosti Simanjuntak dan Samuel Hutabarat. 

"Kami juga turut merasakan apa yang dirasakan oleh keluarga almarhum Yosua yang ada di Jambi sana dan kami bersyukur kepada Tuhan kami sudah dipertemukan sudah dua keluarga kami sangat-sangat berduka cita kepada keluarga besar bang Yosua atau almarhum Yosua atas apa yang telah terjadi," sebut Alma. 

Tak banyak berharap, kata Rosti, saat ditanya menganai putusan sidang putranya nanti. Ia berserah diri, apa yang Tuhan beri maka itulah yang terbaik. 

"Kami tidak mengharapkan apa-apa yang berlebihan tapi kami mengharapkan yang terbaik dari Tuhan apa yang Tuhan berikan apa nanti hasilnya itu yang terbaik dari Tuhan itu harapan dari kami berdua sebagai orang tua," harap Alma. 

Senada dengan Alma, Ayahanda Richard Sunandag Yunus Lumiu memasrahkan hasil persidangan putranya kepada Tuhan. Kehendak Tuhan, akan menjadi jawaban terbaik atas kasus yang menimpa putranya. 

"Harapan saya selaku orang tua yang terbaik yang Tuhan berikan dan yang terbaik untuk kita semua cuman itu," singkat Yunus. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Panglima Yudo: TNI-Polri Harus Berantas Praktik Ekspor dan Tambang Ilegal

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:24 WIB
PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan TNI-Polri harus bersinergi memberantas praktik ekspor dan tambang...
ANTARA

MK Belum Bisa Pastikan Kapan Gugatan soal Sistem Pemilu Diputus

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:54 WIB
Pihak MK belum dapat memastikan ada atau tidaknya sidang lanjutan. Pasalnya hal itu akan diputuskan oleh Mahkamah dalam sidang...
DOK pribadi.

Tahun Politik, Sejumlah Anggota DPR dan DPD Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:35 WIB
Calon legislator atau senator harus dapat menjalankan personal branding untuk menunjukkan kepada konstituennya tentang karakter dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya