Kamis 05 Januari 2023, 11:35 WIB

KPU Tata Dapil dengan KPU Provinsi dan KIP Aceh

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
KPU Tata Dapil dengan KPU Provinsi dan KIP Aceh

MEDIA INDONESIA/ANDRI WIDIYANTO
Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI mengajak ajak KPU Provinsi/KIP Aceh untuk koordinasi penataan daerah pemilihan (dapil) anggota DPRD di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Dalam rapat, Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan KPU Provinsi/KIP Aceh akan mempresentasikan hasil pencermataan atas uji publik dua rancangan dapil. Idham menyebut dua rancangan dapil itu, yakni dapil yang pernah digunakan saat Pemilu 2019, serta rancangan dapil baru.

"Karena berdasarkan Lampiran I Peraturan KPU RI Nomor 6 Tahun 2022, 1 Januari sampai 9 Februari 2023 adalah jadwal penataan dan penetapan dapil DPRD Kabupaten/Kota oleh KPU RI," papar Idham.

Rencananya, hasil rancangan dapil DPRD itu akan segera dikonsultasikan kepada Komisi II DPR RI. "Setelah KPU RI melakukan pencermatan atas laporan KPU Provinsi/KIP Aceh atas penataan dapil pemilu anggota DPRD Kab/Kota, KPU RI segera mengajukan permohonan konsultasi dengan Komisi II DPR RI," ungkap Idham.

KPU bakal segera menyelesaikan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal aturan daerah pemilihan (dapil), serta jumlah kursi DPR dan DPD secara nasional. Percepatan dilakukan mengingat pada 24 April 2023, tahapan memasuki masa pencalonan anggota legislatif akan dimulai.

"Awal 2023 ini, KPU harus menyelesaikan proses legal drafting, atau proses perumusan aturan yang berkaitan dengan penataan daerah pemilihan untuk pemilu anggota DPR dan DPD. Karena ini merupakan amanah dari MK yang harus kami segera selesaikan," papar Komisioner KPU, Idham Holik, kepada Media Indonesia, Senin (2/1/2023). (P-2)

Baca Juga

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Mengaku Kenal Hakim Sidang Sambo, Mahfud Pastikan Vonis akan Beri Keadilan

👤Putra Ananda 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:40 WIB
Mahfud menuturkan hakim memiliki kebebasan untuk mengeluarkan putusan. Hakim akan mengeluarkan putusan secara profesional berdasarkan...
MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Mahfud Sebut OTT Pengaruhi Penurunan Nilai Indeks Korupsi

👤Putra Ananda 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:35 WIB
Mahfud mengaku terpukul skor IPK Indonesia turun drastis menjadi 34 poin dari tahun sebelumnya. Angka ini merupakan angka terendah sejak...
Dok MI

Respons Protes PBNU, SAS Institute: Warga NU Berdiaspora Politik

👤Mediainonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:29 WIB
Sekretaris Eksekutif SAS Institute, Abi Rekso berpandangan, NU merupakan organisasi bangsa yang telah berdiaspora pada lintas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya