Minggu 01 Januari 2023, 22:45 WIB

Jaga Etika Politik Sejak Awal Puncak Persaingan Pemilu

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Jaga Etika Politik Sejak Awal Puncak Persaingan Pemilu

DOK MI
Ilustrasi

 

SEKRETARIS Dewan Nasional Setara Institute Antonius Benny Susetyo menegaskan partai-partai politik memiliki peran penting dalam mewujudkan pemilu 2024 yang aman dan damai. Ia mengatakan, dalam berkompetisi, parpol harus mengedepankan ideologi Pancasila sebagai medium untuk menahan gesekan akibat adanya perbedaan.

"Perbedaan itu tidak bisa dihindari. Oleh karena itu kampanye partai politik harus mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Bagaimana agar perbedaan bisa berjalan beriringan karena itu bekal kita sebagai bangsa yang besar," ujar Benny kepada Media Indonesia, Minggu (1/1).

Parpol-parpol, sambungnya, juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keutuhan bangsa dengan mematuhui etika kepantasan publik. Dalam berkompetisi, mereka sangat tidak boleh menyebarluaskan kebencian, kebohongan dan menggunakan politik identitas.

"Parpol harus mengedepan politik santun, tidak menyerang karakter seorang dan menghina martabat kemanusian," imbuh mantan Sekretaris Konferensi Waligereja Indonesia itu.

Ia menambahkan parpol harus mampu memberikan pendidikan politik bagi publik agar demokrasi berjalan semakin sehat dan dan tercipta ruang partisipasi yang lebih besar. "Ini menjadi keutamaan bagi parpol, memberikan nilai etis dalam demokrasi, memproduksi gagasan-gagasan yang baik sehingga publik tercerahkan," tandas Benny. (OL-15)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya