Kamis 08 September 2022, 16:25 WIB

Kasal Pastikan Dua Pilot Korban Bonanza Naik Pangkat

Arbida Nila Hastika | Politik dan Hukum
Kasal Pastikan Dua Pilot Korban Bonanza Naik Pangkat

MI.Arbida Nila Hastika
Kasal Laksamana TNI, Yudo Margono (ketiga dari kiri) dalam konferensi pers di Mabes TNI AL di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9).

 

KEDUA pilot pesawat latih TNI Angkatan Laut (AL) jenis G-36 Bonanza T-2503 yang ditemukan dalam keadaan tewas setelah pesawat mereka mengalami kecelakaan, yakni Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti Sabila dipastikan akan naik pangkat.  Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady menjadi Kapten Laut. Sedangkan Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti Sabila menerima kenaikan pangkat menjadi Lettu Laut.

“Dan almarhum keduanya mendapatkan kenaikan pangkat kaptennya baru turun naik satu tingkat,” ujar Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI, Yudo Margono dalam konferensi pers di Mabes TNI AL di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/9).

Menurut Kasal, jenazah dan pesawat ditemukan setelah TNI AL mengerahkan tujuh kapal perang Republik Indonesia (KRI), 1 pesawat udara (Pesud) CN235, 2 helikopter, 2 kapal armada laut (KAL), 2 Tim Kopaska, dan 2 tim penyelam untuk melaksanakan SAR. Saat ini kedua jenazah disemayamkan di Wisma Perwira Juanda (8/9). Selanjutnya mereka akan dimakankan Jumat (9/9) di Taman Makam Bahagia TNI AL, Sidoarjo, Jawa Timur.

Tim gabungan dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II. Hasil sementara, kondisi pesud Bonanza T-2503 ditemukan dalam kondisi terbalik dan rusak berat.

Lebih lanjut, Kasal Yudo Margono mengatakan akan melakukan evaluasi supaya kejadian kecelakaan jatuhnya pesawat udara milik TNI AL tidak terulang di kemudian hari. Ia juga menambahkan proses pencarian pesawat dinyatakan sudah selesai per Kamis (8/9).

Sebagai informasi, pesawat udara jenis G-36 Bonanza T-2503 mengalami musibah kecelakaan jatuh saat melaksanakan Latihan Air Defence Exercise (ADEX) SIAGA ARMADA II. Pesawat alami crash landing pukul 8:56 WIB di perairan laut Selat Madura, setelah sebelumnya lepas landas dari bandara Juanda pukul 08:45 WIB dengan rute Sub-(Armada) Loc Area-Sub. Hingga kini penyebab jatuhnya pesawat T-2503 masih belum diketahui. Pesawat akan diinvestigasi setelah dievakuasi dari laut.

Terpisah, anggota Komisi I DPR RI Fraksi Golkar, Dave Laksono menanggapi jatuhnya pesawat latih Bonanza G-36 T-2503. Menurutnya perlu ada sikap tegas dan reformasi di dalam SOP tubuh TNI.

“Perlu ada reformasi didalam sop tubuh TNI tentang penggunaan pesawat tempur ,pesawat angkatan lautnya , ataupun juga kapal kapal laut kapal selam ataupun tank-tanknya,” ujar Dave saat ditemui di Gedung DPR RI (8/9). (*/A-1)

 

Baca Juga

dok.pribadi

Pendeta Alberth Yoku: Tindakan Korupsi Lukas Enembe Tanggung Jawab Pribadi

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 19:54 WIB
PENETAPAN Lukas Enembe (LE) menjadi tersangka oleh KPK mendapat dukungan dari sejumlah tokoh lokal Papua, salah satunya pendeta Alberth...
dok.ist

Pengamat: Kritikan SBY Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Asumsi Saja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 19:05 WIB
DIREKTUR Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, kritik Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY soal dugaan...
Instagram @gerindra

Prabowo Sowan Ke 9 Kiai Sepuh NU Jateng, M Qodari: Game Changer di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:57 WIB
“Ini memperlihatkan arah baru untuk segmentasi atau basis politik yang dituju. Kita tahu pada 2014 dan 2019 arahnya itu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya