Selasa 16 Agustus 2022, 17:01 WIB

KNPI Ajak Pemuda Kembalikan Kejayaan Maritim Indonesia

Abdillah M Marzuqi | Politik dan Hukum
KNPI Ajak Pemuda Kembalikan Kejayaan Maritim Indonesia

Antara
Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Marcellus Hakeng Jayawibawa

 

WAKIL Sekretaris Jenderal Bidang Kemaritiman Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Marcellus Hakeng Jayawibawa mengajak para pemuda untuk dapat andil dalam mengembalikan kejayaan Indonesia di bidang maritim. Ajakan itu juga berkenaan dengan momentum peringatan HUT ke-77 RI.

"Untuk mewujudkan Poros Maritim Dunia, maka dibutuhkan peran pemuda. Poros maritim dunia  bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur," terang Hakeng lewat keterangannya, Selasa (16/8)

Menurutnya, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.500 pulau yang disatukan oleh laut. Indonesia juga disebut sebagai negara maritim terbesar di dunia karena 75% wilayahnya adalah lautan. Wilayah laut Indonesia juga terletak di jalur perdagangan dan perlintasan kapal-kapal dunia, maka Indonesia berpotensi menjadi Poros Maritim Dunia.

"Dengan begitu kita dapat mengembalikan jati diri kita sebagai bangsa maritim dan juga melakukan pengamanan kepentingan serta menjaga keamanan wilayah maritim kita, juga mampu memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia ke depannya. Ingat ada potensi Rp1.700 triliun kita dapatkan jika kita dapat mengelola lautan kita dengan tepat," sambungnya.

Apalagi saat ini, kata Hakeng, Indonesia sedang memegang tampuk Presidensi G20. Salah satu isu di dalamnya adalah tata kelola  kelautan, serta memastikan adanya dialog, strategi, dan kerja sama regional di bidang terkait. Presidensi G20 Indonesia juga mengangkat mengenai pentingnya ekonomi biru, karbon biru, dan juga penanganan sampah laut. 

Menurutnya, para pemuda bisa diajak berperan menangani persoalan marine debris atau sampah laut. Pesan yang harus digaungkan bahwa laut tidak boleh lagi dijadikan lokasi pembuangan sampah, baik dari rumah tangga ataupun pabrik. Laut merupakan sumber pangan masa depan rakyat Indonesia.

"Jadi, peran pemuda di sini harusnya dapat dimaksimalkan dalam mengelola sumber daya kelautan tersebut," ujar Hakeng.

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi para pemuda adalah persoalan kedaulatan maritim.

"Indonesia sejak Deklarasi Djuanda pada 1957 sudah menegaskan bahwa wilayah laut di kepulauan nusantara merupakan kedaulatan mutlak Indonesia. Oleh karena itu, saya berharap pemuda bisa ikut serta untuk mewujudkan kembali kedaulatan Indonesia atas wilayah lautnya," tegasnya.

Hakeng mengungkapkan pemuda berpotensi besar untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat melalui pemanfaatan dan pemberdayaan ekonomi di sepanjang pesisir pantai. Mereka diharapkan mampu berperan aktif menjadi bagian roda penggerak ekonomi dalam bidang kemaritiman.

"Kita ketahui Indonesia kaya dengan kekayaan laut dan keindahannya, tetapi kita sepertinya jauh tertinggal jika dibandingkan negara-negara lain bila dilihat dalam hal pengelolaan SDA dan SDM-nya. Untuk itu saya akan berkolaborasi dengan ketua bidang dan wasekjen lain di DPP KNPI guna membuat program pendampingan pada pemuda setempat," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok PSI

PSI: Demokrat Katakan Tidak atau Iya Pada Korupsi? Kok Bela Lukas Enembe?

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 09:18 WIB
Partai Demokrat, sambung Giring, seharusnya mendesak Lukas untuk menjelaskan asal aliran dana besar yang ditemukan...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Sidang Tuntutan Terbit Rencana Perangin Angin dkk Digelar Hari Ini

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 30 September 2022, 08:38 WIB
Terbit didakwa menerima suap Rp572 juta dari Direktur CV Nizhami Muara Perangin Angin. Penerimaan uang itu dilakukan bersama Iskandar...
MI/Susanto

Febri Diansyah akan Dampingi Putri Candrawathi Wajib Lapor di Bareskrim, Siang Ini 

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 30 September 2022, 08:20 WIB
Putri dikenakan wajib lapor selama dua kali dalam sepekan, yakni Senin dan Jumat. Wajib lapor dikenakan karena Putri tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya