Senin 01 Agustus 2022, 15:54 WIB

KPU: PPP, PAN, dan Golkar Bakal Mendaftar 10 Agustus Mendatang

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
KPU: PPP, PAN, dan Golkar Bakal Mendaftar 10 Agustus Mendatang

Dok MI
Komisi Pemilihan Umum.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan tiga partai politik (parpol), yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) hingga Golongan Karya (Golkar) akan mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024 pada 10 Agustus mendatang. 

Diketahui, ketiga parpol ini terbentuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Baca juga: Bakal Bertemu PDIP, NasDem: Surya Paloh dan Megawati Bersahabat

"PPP, Golkar dan PAN menurut informasi akan mendaftar pada hari yang sama, yakni pada 10 agustus 2022," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Senin (1/8). 

Demikian juga dengan parpol Gerindra dan PKB yang mengonfirmasi akan hadir bersamaan untuk mendaftar ke KPU pada 8 Agustus 2022. 

"Oleh karena itu kita lihat perkembangannya bagi parpol ke KPU, setidaknya sehari hadir lapor ke KPU, tapi kalau sudah siap kami juga menerima sesuai jadwal yang ditentukan," ucap Hasyim. 

Sementara itu, Komisioner KPU Idham Holik menerangkan bahwa tahapan pendaftaran hari pertama parpol sebagai calon peserta Pemilu 2024 berjalan lancar. 

"Alhamdulillah hari pertama pendaftaran lancar dan ini menjadi awal yang baik dalam melaksanakan pendaftaran parpol dan ada partai yang rencananya hari ini mau daftar seperti dijelaskan ketua, yaitu Gelora awalnya hari ini tapi rencannya diubah jadi tanggal 7 Agustus jam 10," ucap Idham. 

Sebelumnya, Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan ada sembilan partai politik (parpol) yang telah mendaftar di hari pertama tahapan pendaftaran peserta Pemilu, pada 1 Agustus 2022. 

Di hari pertama, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyebut terdapat parpol yang menjadwalkan ulang pendaftaran dan ada pula yang memilih untuk mendaftar hari ini. 

Seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang seharusnya mendaftar di hari pertama memilih menjadwalkan ulang pendaftaran, begitupun dengan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora). 

Sementara Partai Pandai memilih untuk mendaftar menjadi peserta Pemilu 2024 pada hari ini meski sebelumnya belum menyatakan diri untuk mendaftar hari ini.  

Adapun kesembilan parpol yang sudah mendaftar, yakni PDI-Perjuangan, NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Reformasi, Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Bulan Bintang, dan Perindo, serta terakhir, Partai Pandai. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Presiden: Agenda Besar Bangsa tidak Boleh Berhenti

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:16 WIB
Kepala Negara mengajak semua komponen bangsa untuk selalu waspada dan bersiaga. Khususnya, di tengah ancaman krisis yang masih menghantui...
MI/RAMDANI

Surya Paloh Ingin Pembangunan IKN Terus Dilanjutkan oleh Pengganti Jokowi

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:11 WIB
Surya Paloh berharap apa yang telah diletakkan menjadi dasar pembangunan dan telah diundangkan khususnya perpindahan ibu kota itu akan...
Antara

Jokowi Teken Keppres Pembentukan Tim Usut Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:59 WIB
Dengan ditekennya beleid tersebut, Presiden Jokowi memastikan bahwa penyelesaian berbagai kasus pelanggaran HAM di berat masa lalu menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya