Kamis 07 Juli 2022, 21:06 WIB

Sejumlah Petinggi Perusahaan Sawit Diperiksa Kejagung

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Sejumlah Petinggi Perusahaan Sawit Diperiksa Kejagung

MI/ Susanto
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana

 

PENYIDIK Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejaksaan Agung memeriksa beberapa petinggi perusahaan kelapa sawit sebagai saksi. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana menyebut, pemeriksaan itu terkait dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya, termasuk minyak goreng.

"Para saksi yang diperiksa yaitu G (Gunadi) selaku Direktur Utama PT Sukajadi Sawit Makar dan RD (Rudi Krisnajaya) selaku Direktur Utama PT Intibenua Reksatama," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (7/7).

Keduanya diperiksa untuk melengkapi pemberkasan lima tersangka yang telah ditetapkan sebelumnya, termasuk Lin Che Wei (LCW) alias Weibinanto Halimjati. LCW merupakan pendiri dan penasihat kebijakan/analisa pada PT Independent Research & Advisory Indonesia (IRAI) yang jasanya digunakan Kementerian Perdagangan.

Oleh karena itu, penyidik Gedung Bundar juga turut memeriksa mantan anak buah LCW di IRAI, yaitu Sahat Gabriel selaku Senior Analyst periode Mei 2014-Mei 2021. Saksi lain yang diperiksa adalah Deputy Head PT Bukit Inti Makmur Abadi, Vimala Putra Koda, dan Pei She selaku Regional Sales Manager PT Wahana Tirtasari.

Berikutnya, Meliana selaku Senior Manager PT Milice Oleo Nabati Industri, Senior Manajer Ekspor PT Musim Mas bernama Rusmny, Edy Anto selakuManager Akuntansi PT Musim Mas, dan Julia Amet selaku Senior Manager Penjualan Lokal Minyak Sawit juga diperiksa sebagai saksi.

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dimaksud," tandas Ketut.

Selain LCW, Kejagung sudah menetapkan Indrasari Wisnu Wardhana selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag sebagai tersangka.

Adapun tiga tersangka lain merupakan pengurus perusahaan eksportir CPO, yaitu

Stanley MA selaku Senior Manager Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Hijau Group, Master Parulian Tumanggor selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, dan Picare Tagore selaku General Manager PT Musim Mas. (OL-8)

Baca Juga

Dok. BPIP

Presiden Kukuhkan Calon Paskibraka Menjadi Paskibraka Tahun 2022 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:26 WIB
Dalam momen pengukuhan, Presiden berharap Paskibraka di bawah asuhan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu mendapatkan rahmat dan...
MI/Seno

Koalisi Parpol yang sudah Terbentuk Bakal Dinamis saat Penentuan Capres

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:02 WIB
Koalisi yang sudah terbentuk, yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan anggota Partai Golkar, PAN, dan PPP. Kemudian, Gerindra-PKB yang...
POLRI.GO.ID/HUMAS

KPK Verifikasi Laporan Dugaan Penyuapan Ferdy Sambo ke Pegawai LPSK

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:33 WIB
Ali mengatakan verifikasi itu penting dilakukan untuk menghasilkan rekomendasi apakah laporan pengaduan tersebut layak ditindaklanjuti atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya