Selasa 01 Februari 2022, 11:01 WIB

Puluhan Narapidana Konghucu Terima Remisi Imlek

 Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Puluhan Narapidana Konghucu Terima Remisi Imlek

MI/M Irfan
Dirjen Pemasyarakatan Reynhard Silitonga (kedua dari kiri).

 

DIREKTORAT Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi khusus Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili. Remisi diterima 25 dari 69 narapidana pemeluk agama Konghucu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari 25 narapidana penerima remisi khusus Imlek, seluruhnya mendapatkan pengurangan sebagian dengan rincian tiga orang mendapat pengurangan hukuman 15 hari, 13 orang mendapat pengurangan hukuman 1 bulan, 7 orang mendapat pengurangan hukuman 1 bulan 15 hari, dan 2 orang mendapat pengurangan hukuman 2 bulan.

Dirjen Pemasyarakatan Reynhard Silitonga menjelaskan usulan remisi berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dengan optimalisasi penggunaan teknologi informasi, yakni dilakukan secara online berdasarkan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

"Dengan adanya Remisi online melalui SDP, prosesnya menjadi lebih cepat, murah, akurat, dan transparan. Hak narapidana terjamin, akuntabilitas dan integritas petugas terjaga" kata Reynhard, Selasa (1/2).

Baca juga: 151 Warga Binaan Lapas dan Rutan Salemba Terima Remisi Natal 

Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung menyumbang jumlah penerima remisi Imlek terbanyak, yaitu 11 narapidana, disusul Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat sebanyak 3 narapidana, serta Kanwil Kemenkumham Banten, DKI Jakarta, dan Riau masing-masing 2 narapidana. Sisanya berasal dari Kanwil Bali, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kepualauan Riau masing-masing 1 orang.

Reynhard menambahkan pemberian remisi merupakan apresiasi yang diberikan negara bagi narapidana yang telah menunjukkan perubahan perilaku yang lebih baik.

Hal itu diiharapkan bukan sekadar pengurangan masa pidana namun meningkatkan motivasi narapidana agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Hingga 24 Januari 2022, jumlah warga binaan di Indonesia sebanyak 272.864 orang yang terdiri 226.676 narapidana dan 48.188 tahanan. Dari pemberian remisi Imlek kali ini, negara menghemat anggaran biaya makan Rp14.790.000 dengan biaya makan per hari rata-rata Rp17.000/orang. (Dhk/OL-09)

Baca Juga

Antara

Pengacara Brigadir J: Permintaan Maaf Istri Ferdy Sambo Ditunggu Sampai Malam Ini

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:35 WIB
Menurut kuasa hukum Brigadir J, istri Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi, telah membuat laporan palsu terkait dugaan pelecehan seksual...
Tangkapan layar Instagram

Buntut Kasus Alfamart, Hotman Paris & Partners Ditunjuk Sebagai Kuasa Hukum

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 13:51 WIB
Perusahaan mendukung karyawannya yang telah melakukan investigasi awal dalam menjalankan tugasnya sesuai prosedur yang...
dok.pribadi

Sosialisasi Akan Akhiri Penantian Panjang akan KUHP Karya Bangsa Sendiri

👤Muhammad Fauzi 🕔Senin 15 Agustus 2022, 13:25 WIB
PENUNDAAN pengesahan RKUHP hendaknya disikapi bijaksana dan benar-benar dimanfaatkan untuk  sosialisasi berkelanjutan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya