Kamis 09 Desember 2021, 11:05 WIB

Pemberantasan Korupsi Jangan Hanya Identik dengan Penangkapan

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Pemberantasan Korupsi Jangan Hanya Identik dengan Penangkapan

MI/Susanto
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mensesneg Pratikno (kiri) dan Ketua KPK Firli Bahuri usai peringatan Hari Antikorupsi Sedunia.

 

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan bahwa pemberantasan korupsi tidak boleh terus-terusan identik dengan penangkapan. Pemberantasan korupsi, lanjut Jokowi, harus bergerak dari hulu, harus mengobati akar masalah.

"Oleh karena itu, pencegahanan merupakan langkah yang lebih fundamental. Kalau korupsi bisa kita cegah, kepentingan rakyat dapat terselamatkan," ujar Presiden dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/12).

Kepala negara juga menekankan agar aksi-aksi penindakan tidak hanya menyasar peristiwa hukum yang sudah heboh di saja. Hal-hal yang belum mencuat ke permukaan juga harus menjadi prioritas.

"Dibutuhkan upaya-upaya yang lebih fundamental, upaya-upaya yang lebih mendasar, dan lebih komprehensif yang dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat," tutur mantan wali kota Solo itu.

Baca juga: Kepala Negara Minta Percepat Pengesahan RUU Perampasan Aset Tindak Pidana

Jokowi ingin penindakan terhadap pelaku rasuah dilakukan secara tegas dan tidak pandang bulu. Itu harus dilakukan tidak hanya untuk memberi efek jera dan efek menakutkan.

"Tetapi juga sangat penting untuk menyelamatkan uang negara dan mengembalikan kerugian negara," tegasnya. (P-5)

Baca Juga

Antara

KY Sebut OTT Hakim Gerus Kepercayaan Terhadap Pengadilan

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 21 Januari 2022, 09:15 WIB
Joko mengatakan KY mendukung proses penegakan hukum oleh KPK. KY juga akan mengambil peran sesuai kewenangan karena yang terjerat merupakan...
MI/RAMDANI

Ditaksir Habiskan Rp243,15 M untuk Baliho, Elektabilitas Airlangga Masih Rendah

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:50 WIB
Berdasarkan asumsi Generasi Muda Partai Golkar (GMPG), total biaya yang dikeluarkan seluruh komponen yang ditugaskan mencapai Rp243,15...
MI/MOHAMAD IRFAN

Kepala Badan Otorita IKN Bakal Punya Panggung Menuju Pilpres 2024

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:20 WIB
Presiden Joko Widodo telah mengungkap sosok yang menurutnya cocok menjadi kepala otoritas IKN. Sosok tersebut adalah yang pernah menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya