Selasa 19 Oktober 2021, 17:21 WIB

Gus Choi Berharap Muktamar NU Tidak Diwarnai Intervensi dan Mahar Uang

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Gus Choi Berharap Muktamar NU Tidak Diwarnai Intervensi dan Mahar Uang

Dok.MI
Effendi Choirie

 

KETUA DPP Partai NasDem yang juga kader Nahdlatul Ulama (NU), Effendy Choirie atau Gus Choi mengharapkan Muktamar NU yang rencananya dilaksanakan akhir Desember 2021 di Lampung berlangsung dalam suasana yang sejuk, damai dan menggembirakan. Terutama gelaran untuk mencari pimpinan tertinggi di organisasi keagamaan terbesar ini berjalan tanpa mahar.

"Muktamar NU mampu memilih Rois Aam Syuriah dan Ketua Umum Tanfidziyah PBNU melalui musyawarah mufakat, tanpa mahar uang, tanpa jual beli suara, tanpa mobilisasi politik, tanpa gejolak politik, tanpa intervensi dari pihak manapun baik dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (19/10).

Menurut dia, Muktamar kali ini juga diharapkan menjunjung musyawarah mufakat. Sehingga bisa menghasilkan berbagai keputusan substantif dan strategis untuk kepentingan agama, bangsa dan negara.

Baca juga: Gus Yahya: Saya hanya Ingin Mengabdi dan Membesarkan NU

Mantan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Alumni PMII itu juga mengharapkan semua warga nahdliyin mengikuti Muktamar dengan penuh keikhlasan dan semangat perjuangan sesuai dengan nilai-nilai dasar yang diletakkan oleh para pendiri NU.

"Sebagai ormas terbesar di indonesia bahkan dunia, NU diharapkan mampu memberi contoh dan teladan yang baik untuk menjadi inspirasi bagi negeri ini," jelasnya.

Keteladanan yang diperlukan bangsa meliputi kesetiaan tanpa pamrih kepada NKRI, tidak lelah menggelorakan semangat cinta tanah air, tidak henti menyebarkan sikap toleransi dan moderasi, terus menerus menjalin semangat persatuan dalam kemajemukan, membangkitkan sikap gotong royong dan saling tolong menolong, membangkitkan optimisme dan keyakinan masyarakat dalam menghadap berbagai tantangan kehidupan.

Tak lupa, terus melakukan dakwah dan amar makruf nahi munkar dengan hikmah, bijaksana, dan narasi yang logis dan menyejukkan. "Selain itu, Gus Choi juga mengharapkan NU mampu membangun organisasinya menjadi ormas yang mandiri secara politik, ekonomi, kultural, menejemen yang baik, dan memiliki harga diri dan wibawa yang tinggi," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR Dorong Pengembangan Literasi Berbasis Inklusi Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 08:14 WIB
Perpustakaan dapat mengambil peran bukan hanya sebagai pusat informasi, namun dapat bertransformasi menjadi tempat dalam pengembangan diri...
dok.humas

Kakorlantas Ingatkan Anggota Utamakan Pencegahan Dalam Menjalankan Tupoksi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 08:04 WIB
POLISI harus bisa mengutamakan tindakan pencegahan seperti yang tertera dalam Undang-Undang (UU) tentang...
Ist/DPR

Anggota DPR Harap Tak Ada Impor Bahan Baku di PT CAP

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 07:38 WIB
Anggota Komisi VII DPR berharap, ke depan tidak ada lagi impor bahan baku yang dilakukan oleh PT Chandra Asri Petrochemical...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya