Kamis 23 September 2021, 12:22 WIB

Dampingi Proyek Kereta Cepat, Kejaksaan Selamatkan Rp3,2 Triliun

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Dampingi Proyek Kereta Cepat, Kejaksaan Selamatkan Rp3,2 Triliun

MI/Pius Erlangga
Kejaksaan Agung

 

KEJAKSAAN Tinggi Jawa Barat berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp3,24 triliun. Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, uang tersebut berasal dari pendampingan perkara bantuan hukum litigasi terkait Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung.

"Mewakili PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PT PSBI) dan PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC)," ujar Leonard melalui keterangan tertulis.

Ia menyebut jaksa pengacara negara pada Kejati Jawa Barat mewakili perkara gugatan yang diajukan oleh para pihak terhadap dua perusahaan itu di pengadilan pada jalur yang dilewati proyek tersebut. Leonard menyebut para pihak penggugat umumnya adalah perusahaan atau pribadi yang lahannya terimbas Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung.

"Dengan meminta ganti rugi yang tidak sesuai dengan appraisal yang telah ditetapkan maupun statuts tanah yang ternyata fasilitas umum dan fasilitas sosial," jelasnya.

Baca juga: PT Kereta Cepat Indonesia China Mitigasi Bencana di Daerah Rawan

Sepanjang 2018, ada delapan perkara yang ditangani oleh jaksa pengacara negara Kejati Jawa Barat dengan penyelamatan kerugian keuangan negara sebesar Rp2,115 triliun.

Pada 2019, dari empat perkara, sebanyak Rp758,760 miliar keuangan negara berhasil diselamatkan. Adapun jumlah penyelamatan keuangan negara sepanjang 2020 (sembilan perkara) dan 2021 (tiga perkara) masing-masing sebesar Rp338,179 miliar dan Rp27,445 miliar.

"Prestasi dan pencapaian tersebut merupakan bentuk komitmen dan kesungguhan Kejaksaan untuk mempercepat dan menyukseskan pelakasnaan pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung maupun proyek-proyek nasional lainnya," tukas Leonard.(OL-5)

Baca Juga

Ist/DPR

Puan: Terima Kasih Tim Thomas Cup RI Sudah ‘Kibarkan’ Merah Putih

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 10:26 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan tim bulu tangkis putra Indonesia memboyong Piala Thomas...
dok pribadi

Spanduk Warung Bergambar Airlangga Bermunculan di Tangerang

👤RO/Micom 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 21:34 WIB
Warungnya dipasangi spanduk karena pernah mengikuti pelatihan wirausaha maju, dan bergabung dengan komunitas UMKM usAHA yang dibina...
Dok MI/ Rommy Pujianto

Relawan Jokowi Nilai Pola Pikir Rocky Gerung Delusif Bermotif Kebencian

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 18:28 WIB
Asal bicara dan berbeda karena lebih didasari motif...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya