Senin 28 Juni 2021, 20:07 WIB

Ganti Kerugian Negara, Jaksa Deteksi Tiga Aset Adelin Lis 

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Ganti Kerugian Negara, Jaksa Deteksi Tiga Aset Adelin Lis 

Antara/Hafidz Mubarak A
Terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis

 

SEJAK dipulangkan ke Indonesia pada Sabtu (19/6) lalu, jaksa eksekutor pada Kejaksaan Negeri Medan, Sumatera Utara, langsung bergerak menelusuri aset milik Adelin Lis, terpidana kasus korupsi dan pembalakan liar di Mandailing Natal. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung menyebut jaksa eksekutor Kejari Medan telah mendeteksi tiga aset milik Adelin.

"Pada hari Senin (21/6), tim penelusuran aset Kejari Medan berkoordinasi dengan stakehilder dan unsur terkait lainnya untuk menemukan aset-aset milik terpidana Adelin Lis," kata Leonard melalui keterangan tertulis, Senin (28/6).

"Dideteksi ada tiga aset harta berupa tanah dan bangunan yang berstatus Hak Guna Usaha (HGU)/Sertifikat Hak Milik (SHM) yang tercatat atas nama Adelin Lis di Kota Medan," sambungnya.

Penelusuran terebut, lanjut Leonard, dilakukan untuk mengetahui keberadaan dan jenis aset yang disembunyikan Adelin. Nantinya, aset-aset tersebut akan digunakan untuk penggantian kerugian negara. 

Baca juga : Adelin Lis Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur

Sebelumnya, penyidik telah menyita dan melakukan lelang terhadap aset-aset Adelin. Pada 2007 misalnya, dilakukan lelang aset yang disetor ke negara sebesar Rp1,490 miliar. Sementara pada 2009, hasil lelang yang disetor ke kas negara sebesar Rp1,017 miliar. Sehingga, total nilai aset milik Adelin yang telah disetor ke negara sebesar Rp2,507 miliar.

"Tim jaksa eksekutor pada Kejari Medan terus bergerak melaksanakan pencarian atau penelusuran aset-aset milik terpidanan Adelin Lis," tandas Leonard. 

Dalam putusan kasasi Mahkamah Agung pada 2008, Adelin divonis pidana penjara 10 tahun, denda Rp1 miliar subsider 6 bulan, serta pidana uang pengganti sebesar Rp119,8 miliar serta dana reboisasi US$2,938 juta subsider 5 tahun. (OL-7)

Baca Juga

DOK Iluni UI

Iluni UI Luncurkan Gerakan Kohesi Kebangsaan

👤Widhoroso 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 22:39 WIB
KETUA Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Andre Rahadian mendorong agar semangat Sumpah Pemuda menjadi penggerak dalam...
Antara

KPK Usut Kasus Dana Insentif Daerah Kabupaten Tabanan Bali

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 21:58 WIB
Kasus itu merupakan pengembangan dari perkara mantan pegawai Kementerian Keuangan Yaya...
Dok Golkar

Golkar Buka Peluang Koalisi Dengan PDIP

👤RO/Micom 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 20:15 WIB
Penentuan capres dan cawapres harus dilihat dari tingkat keterpilihan, popularitas dan elektabilitas para...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kebut Penyelesaian Sanksi WADA

Satgas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA akan bekerja lebih cepat mengingat jadwal kompetisi internasional yang padat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya