Jumat 09 April 2021, 16:15 WIB

Status Orient Tunggu Keputusan Amerika

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Status Orient Tunggu Keputusan Amerika

MI/Furqon
WAKIL Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Edward Omar Sharif Hiariej

 

WAKIL Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Edward Omar Sharif Hiariej menegaskan pemerintah belum dapat memberikan kewarganegaraan bagi Bupati Sabu Raijua terpilih Orient Patriot Riwu Kore. Statusnya bisa kembali menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah tidak diakui oleh Amerika Serikat.

"Yang dikatakan Pak Menteri (Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H Laoly) itu benar, jadi kami enggak bisa memutuskan apa pun sebelum ada keputusan dari negara setempat (Amerika Serikat)," ungkapnya di kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Jakarta, Jumat (9/4).

Menurut Omar, Indonesia menganut kebijakan satu status kewarganegaraan. Dengan demikian, untuk menjadi WNI status Orient harus dicabut terlebih dahulu sebagai warga negara Amerika.

Orient juga harus berstatus WNI, kata dia, untuk dapat menduduki jabatan penyelenggara negara, dalam hal ini bupati. "Betul, tapi tunggu pembatalannya dulu seperti yang dikatakan Pak Menteri," pungkasnya.

Sebelumnya, Orient membantah pernyataan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) soal status kewarganegaraannya. Ia mengaku telah mengajukan permohonan pelepasan status warga negara Paman Sam sejak 5 Agustus 2020.

Terlebih statusnya itu diajukan bukan oleh dirinya namun perusahaan tempatnya bekerja di Amerika Serikat. "Menurut saya, itu tidak benar (berkewarganegaraan AS). Karena saya sudah memasukkan renounce warga negara Amerika," jawab Orient saat menghadiri sidang gugatan Pemilihan Kepala Daerah Sabu Raijua di Mahkamah Konstitusi, Rabu (7/4).

Sejumlah pihak mengajukan gugatan atas keterpilihannya menjadi Bupati Sabu Raijua. Alasannya Orient bukan WNI sehingga batal secara hukum. (P-2)

Baca Juga

Antara

Tumpahan Minyak ada di Lokasi Hilang Kapal Selam Naggala

👤Ant 🕔Rabu 21 April 2021, 23:59 WIB
Beberapa negara sudah merespons dan siap memberikan bantuan, di antaranya adalah AL Singapura, AL Australia, dan AL...
Antara

4 Ormas Hindu Laporkan Desak Made Terkait Penistaan Agama

👤Antara 🕔Rabu 21 April 2021, 22:41 WIB
Menurut Yoga, pihaknya bersama tiga ormas lainnya menempuh jalur hukum agar tercipta suatu efek jera pada seluruh masyarakat secara...
ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Singapura, Australia dan India Bantu Pencarian Nanggala 402

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 21 April 2021, 22:35 WIB
Seluruh armada yang terlibat dalam latihan akan dikerahkan untuk mencari keberadaan KRI tersebut. Sejauh ini sudah terdapat tanda...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jejak Herbal Cagar Biosfer

Lingkungan alam di Malang menunjang pembudidayaan tanaman obat. Ada sejarah panjang yang melingkupinya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya