Jumat 09 April 2021, 16:15 WIB

Status Orient Tunggu Keputusan Amerika

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Status Orient Tunggu Keputusan Amerika

MI/Furqon
WAKIL Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Edward Omar Sharif Hiariej

 

WAKIL Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Edward Omar Sharif Hiariej menegaskan pemerintah belum dapat memberikan kewarganegaraan bagi Bupati Sabu Raijua terpilih Orient Patriot Riwu Kore. Statusnya bisa kembali menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah tidak diakui oleh Amerika Serikat.

"Yang dikatakan Pak Menteri (Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H Laoly) itu benar, jadi kami enggak bisa memutuskan apa pun sebelum ada keputusan dari negara setempat (Amerika Serikat)," ungkapnya di kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Jakarta, Jumat (9/4).

Menurut Omar, Indonesia menganut kebijakan satu status kewarganegaraan. Dengan demikian, untuk menjadi WNI status Orient harus dicabut terlebih dahulu sebagai warga negara Amerika.

Orient juga harus berstatus WNI, kata dia, untuk dapat menduduki jabatan penyelenggara negara, dalam hal ini bupati. "Betul, tapi tunggu pembatalannya dulu seperti yang dikatakan Pak Menteri," pungkasnya.

Sebelumnya, Orient membantah pernyataan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) soal status kewarganegaraannya. Ia mengaku telah mengajukan permohonan pelepasan status warga negara Paman Sam sejak 5 Agustus 2020.

Terlebih statusnya itu diajukan bukan oleh dirinya namun perusahaan tempatnya bekerja di Amerika Serikat. "Menurut saya, itu tidak benar (berkewarganegaraan AS). Karena saya sudah memasukkan renounce warga negara Amerika," jawab Orient saat menghadiri sidang gugatan Pemilihan Kepala Daerah Sabu Raijua di Mahkamah Konstitusi, Rabu (7/4).

Sejumlah pihak mengajukan gugatan atas keterpilihannya menjadi Bupati Sabu Raijua. Alasannya Orient bukan WNI sehingga batal secara hukum. (P-2)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR RI Meminta Aksi Saling Dukung Vaksin Dihentikan

👤┬áSri Utami 🕔Senin 19 April 2021, 10:03 WIB
Apalagi pihak yang mendukung tidak semua memiliki berlatar belakang akademik kesehatan dan hanya mendapatkan informasi dari media...
ANTARA/Reno Esnir

ICW Ragukan Profesionalitas Penanganan Korupsi Kejaksaan

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 19 April 2021, 09:54 WIB
Ketidakprofesionalan itu dinilai ada saat Kejaksaan Agung menolak memberikan kasus dugaan penerimaan suap yang dilakukan oleh mantan Jaksa...
Dok MI

KPU RI Monitor PSU di Morowali Utara

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 19 April 2021, 09:50 WIB
"Yang bisa adalah memberikan fasilitasi supaya pemilih mendapat kemudahan PSU di Morowali...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jalan Tol dan PKT untuk Ekonomi yang Lebih Baik

Pembangunan jalan tol sejatinya berpengaruh terhadap roda perekonomian bahkan sejak mulai tahap perencanaan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya